Beranda Regional Tiga Lembaga Tetap Terima Suket, Asalkan…

Tiga Lembaga Tetap Terima Suket, Asalkan…

BEKASI, TVBERITA.CO.ID – Belum lama ini Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, Taufik Rahmat  Hidayat menerima pengaduaan keluhan warga yang membuat dokumen menggunakan Surat Keterangan (Suket), namun ditolak beberapa instansi Badan Hukum Indonesia (BHI).

Oleh sebab itu, kadisdukcapil mengimbau kepada Kantor Imigrasi, Polres Metro Bekasi Kota, Perbankan, dan Perguruan Tinggi, yang ada di Kota Bekasi jangan menolak Suket warga Kota Bekasi.

Berkaitan penolakan Suket, surat sementara sebagai pengganti KTP, Kepala Imigrasi Kelas II Bekasi Non TPI, Teguh Petrus angkat bicara dan menyampaikan, alasan ditolak  Suket  itu sebenernya bukan syarat  untuk pembuatan paspor.

“Karena kan sudah jelas persyaratannya. Terkait Imbauan Disdukcapil, dengan adanya surat edaran resmi dari Wali Kota Bekasi itu, apakah itu bisa mengalahkan peraturan perundang-undangan yang berlaku?. Paling tidak ada surat pemberitahuan resmi dari Kemendagri turun ke Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Kependudukan Kota Bekasi, tuliskan secara rinci saat ini keberadaan Blangko  KTP lagi kosong, dan mengeluarkan Suket Sementara, atau resi.”

“Kan persyaratan dalam pembuatan Paspor itu sudah jelas. Ada KTP, Kartu Keluarga (KK), Akte Lahir dan Ijazah, atau surat nikah dan surat Baktis. Kalau KTP dan KK memang sudah tertulis di Undang-Undang seperti itu. Tentunya, agar masyarakat juga memahami sebagai persyaratan membuat Paspor. Yang berubah sekarang, penggantian persyaratan Paspor hanya KTP Saja,” kata Teguh Petrus saat dikonfirmasi Koran Berita Bekasi.

Terpisah, Kepala Kampus Institut Stiami Kota Bekasi, Diana Prihadini menambahkan, saat ini masih dalam penerimaan mahasiswa baru, kalau di kampus Institut Stiami tidak ada persyaratan yang memberatkan  calon mahasiswa, jika  memang  belum  memiliki  KTP.

“Yang terpentingkan ada surat keterangan lulus, ijazah dari sekolah, kalau untuk ke Nomor Induk Kependudukan (NIK) belum sampai seekstrim itu. Intinya, kampus Stiami akan menerima calon mahasiswa baru bagi yang belum memiliki KTP, yang penting memenuhi syarat  Kelulusan dari SMA/SMK,” jelas Diana Prihadini.

Ditambahkan juga oleh Pimpinan Bidang Pelayanan Nasabah Bank BNI Cabang Bekasi Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Harris, terkait warga ada yang  mengeluhkan  pihak  perbankan masih ada  yang  menolak keberadaan Suket sebagai pengganti KTP untuk membuka  nomor rekening dan  kartu kredit.

“Terkait nasabah yang akan membuka nomer rekening, kartu kredit, atau pengambilan uang menggunakan Suket berkaitan dengan kependudukan dari Disdukcapil Kota Bekasi, kami tetap melayani nasabah sepanjang Suketnya masih berlaku, kami dari Bank BNI Bekasi dan tidak  ada yang memberatkan nasabah selama diverifikasi oleh  Costumer Service Operasional (CSO) BNI masa berlaku masih ada, kami layani  untuk pembuatan norek dan kartu kredit, karena  kami sendiri memiliki grup forum BNI terkait Suket tersebut,” tutur Harris saat dikonfirmasi Berita Bekasi melalui selulernya. (ais/fzy)

Komentar Facebook