Beranda Purwakarta Tiga Wisata Pendakian Gunung di Purwakarta Ditutup Sementara, Kenapa?

Tiga Wisata Pendakian Gunung di Purwakarta Ditutup Sementara, Kenapa?

Gunung di purwakarta ditutup
Pemandangan jalur pendakian Gunung Parang Purwakarta, Jawa Barat. (Foto: ist)

PURWAKARTA – Tiga destinasi wisata pendakian gunung di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ditutup oleh pemerintah setempat sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

Kepala Dinas Pemuda, Olaharaga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta, Mohammad Ramdhan mengatakan, penutupan wisata alam ini untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan di musim kemarau sekarang ini.

Baca juga: Pengacara Joko Tuding Nominal Rp 500 Juta Masuk IPDN Ditentukan oleh Pejabat DPRD Purwakarta

Tiga wisata alam di Purwakarta yang saat ini ditutup sementara di antaranya Gunung Parang, Gunung Bongkok dan Gunung Lembu. Adapun imbauan yang dikeluarkan dinasnya, merujuk pada edaran Perum Perhutani.

Baca juga: Wisata Cikao Park Purwakarta Bikin Liburan Keluarga Tambah Seru, Tiket Cuma Rp 20 Ribuan

“Penutupan sementara untuk wisata pendakian gunung ini, sudah mulai diberlakukan sejak 15 September hingga batas waktu yang belum ditentukan,” ujar Abah Ramdhan, Selasa, 19 September 2023.

Ramdhan menjelaskan, imbauan tersebut sengaja dibuat mengingat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menjadi salah satu yang paling diwaspadai pamerintah.

Baca juga: Hadiri Pelantikan Ketua DPD Golkar Purwakarta, 13 Camat Dipanggil Bergiliran oleh Bawaslu 

Dia berharap, para pengelola wisata bisa mengindahkan imbauan tersebut supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ini bagian dari upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan. Jangan sampai, kebakaran yang melanda Gunung Bongkok di pertengahan Agustus kemarin kembali terulang,” kata dia. (*)