Beranda Regional Ubhara Jaya Bekasi Gelar Acara Wisuda Secara Terbatas

Ubhara Jaya Bekasi Gelar Acara Wisuda Secara Terbatas

KOTA BEKASI – Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menggelar acara wisuda secara terbatas di Auditorium Ubhara Jaya, Kampus II Bekasi, Selasa pagi (25/5/2021) untuk mengukuhkan bagi 363 wisudawan, yang terdiri dari 339 lulusan Sarjana dan 24 lulusan Magister Semester Ganjil tahun Akademik 2020/2021. Seremoni wisuda mengambil tema “Generasi Unggul yang Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi Covid-19.”

Tanpa mengurangi keabsahan dan kekhidmatan wisuda, tata upacara dalam bentuk luring hanya melibatkan para lulusan terbaik dan dua orang perwakilan dari program studi yang hadir secara langsung.

” Selebihnya para wisudawan mengikuti prosesi wisuda secara daring dari tempat masing-masing, yang kemudian dipertemukan dalam satu perhelatan melalui aplikasi zoom dan siaran langsung melalui kanal Youtube Universitas Bhayangkara Jakarta Raya,”ungkap Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Dr. Drs. Bambang Karsono, saat dikonfirmasi Kamis (27/5)

Penerapan protokol kesehatan yang ketat dan pemberlakuan Test Swab Antigen kepada seluruh tamu dan undangan sebelum memasuki auditorium. Prosesi wisuda ini dihadiri secara daring oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang diwakili Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan POLRI, Komjen. Pol. Prof Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. Sementara hadir secara langsung, Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti, Jend. Pol. (Purn) Prof. Dr. Drs. Chairuddin Ismail, SH., MH., Kepala LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc, Ketua Pengurus Yayasan Brata Bhakti, Ketua Badan Pelaksana Harian Ubhara Jaya, Seluruh Anggota Senat, dan Perwakilan Sivitas Akademika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

“Di tengah keterbatasan masa pandemi, Alhamdulillah, Kita masih diberi kesempatan untuk bertemu secara offline to online dalam keadaan sehat, berbahagia dan penuh optimisme menyambut masa depan yang lebih baik,” ucapnya mengawali sambutan,”jelas Bambang.

Rektor Ubhara Jaya lalu menyebutkan selain situasi pandemi, tantangan lain yang dihadapi perguruan tinggi saat ini, adalah adanya disrupsi akibat Revolusi Industri 4.0 yang bahkan telah memasuki era Revolusi 5.0,

“Kondisi ini membuat beberapa disiplin ilmu kehilangan signifikansinya akibat substansi ilmu tersebut digantikan dengan robotika. Konsekuensinya, di masa mendatang, banyak lapangan pekerjaan akan berubah, hilang, bahkan digantikan oleh otomatisasi.” paparnya.

Namun ia berpesan agar para wisudawan tidak patah semangat dan dapat beradaptasi dalam segala situasi dan terus menggali potensi yang ada,

“Bangunlah peradaban baru dengan integritas, inovasi dan inspirasi yang telah diperoleh selama menimba ilmu dan membangun karakter di kampus ini,“pesan Rektor Ubhara Jaya.

Sebagai universitas yang sedang tumbuh berkembang, menurutnya, Ubhara Jaya saat ini terus melakukan pembenahan fundamental dengan mencanangkan paradigma baru dalam penyelenggaraan universitas melalui budaya organisasi, membangun budaya kerja profesional serta mengedepankan budaya mutu yang unggul dengan fondasi kajian akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berbasis pada budi pekerti, wawasan kebangsaan dan nilai luhur bangsa.

“Universitas Bhayangkara Jakarta Raya berupaya memperbarui semua kelengkapan dan pendukung kegiatan belajar mengajar yang berbasis pada dukungan teknologi online dan digital yang semakin disempurnakan,” tegas Rektor.

Ubhara Jaya sebagai Salah Satu dari 50 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, mengapresiasi sejumlah pencapaian dan prestasi yang telah ditorehkan Ubhara Jaya hingga saat ini, hingga menjadi salah satu dari 50 perguruan tinggi swasta terbaik di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Provinsi DKI Jakarta menurut Klasterisasi Pendidikan Tinggi.

“Untuk itu, saya berharap para wisudawan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dengan penuh tanggungjawab. Kelulusan bukanlah akhir tapi awal dari perjalanan panjang yang akan dilewati generasi muda penerus bangsa, “tuturnya.

Menurut Prof. Dr. Agus, budaya akademik yang kolaboratif dan karakter unggul di perguruan tinggi menjadi kunci dalam membangun sumber daya manusia menyambut Indonesia Emas Tahun 2045. Diperlukan adaptasi dan transformasi dalam sektor pendidikan,

“seperti kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang tengah digalakkan oleh pemerintah saat ini, untuk merelevansikan lulusan dengan kebutuhan masyarakat dan industri. Pembelajaran nantinya tidak berfokus dari pendidik saja melainkan dari berbagai sumber yang berfokus kepada pembelajar atau student centred learning, “jelasnya lagi.

Lebih jauh, Ia juga mengapresiasi sejumlah pencapaian positif yang ditorehkan Ubhara Jaya melalui Program Kampus Merdeka sepanjang tahun 2021, antara lain: 1). Lolos Program Bangkit, 2). Berkontribusi dalam Program Kampus Mengajar, 3). Lolos Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan 4). Memperoleh Hibah Penelitian Dosen. Ubhara Jaya Menyongsong Masa Depan Menjadi Universitas Unggul

Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti, Jend. Pol. (Purn) Prof. Dr. Drs. Chairuddin Ismail, mengapresiasi berbagai torehan positif yang diraih oleh mahasiswa, dosen dan segenap civitas akademika Ubhara Jaya hingga saat ini. Ia mengatakan, saat ini Ubhara Jaya berada di jalur yang tepat menyongsong masa depan menjadi universitas unggul.

“Saya mengapresiasi penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terus dilakukan secara optimal, begitu pula dengan pengembangan kurikulum yang sejalan dengan Visi dan Misi Ubhara Jaya dalam mendukung tugas kepolisian melalui penyiapan mata kuliah Ilmu Kepolisian dan Intelijen ekonomi,” ucap Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti.

Hal lain yang juga menggembirakan, menurutnya adalah kehadiran beberapa dosen dengan kualifikasi Guru Besar di Ubhara Jaya dan peningkatan jabatan fungsional Lektor dan Lektor Kepala di masing-masing program studi di jenjang akademik S3.

“Sebagai Ketua Pembina, Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Rektor dan segenap civitas akademika atas berbagai kemajuan. Saya berpesan agar dalam kondisi pandemi Covid 19 jangan sampai mengekang kebebasan akademik. Teruslah berinovasi dengan mematuhi protokol Kesehatan, sehingga penyelengaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi tetap berlangsung optimal dan menghasillkan lulusan yang dapat mengangkat kredibilitas Ubhara Jaya.

Selamat kepada para wisudawan dan wisudawati atas prestasi dan kesungguhannya menimba ilmu di Ubhara Jaya. Kepada keluarga, selamat dan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Ubhara Jaya untuk mendidik putera puterinya,” ucap Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti mengakhiri sambutannya (ais).

Artikel sebelumnyaResep Sukses Jadi Juara 1 Guru Berprestasi, Cepi: Nothing to Lose
Artikel selanjutnyaWalkot Bekasi Temui Warga yang Antri Pelayanan, Segera Lakukan Tindakan