Beranda Karawang UBSI Karawang Persembahkan Workshop Pemrograman Python

UBSI Karawang Persembahkan Workshop Pemrograman Python

KARAWANG – Program Studi Sistem Informasi berkomitmen untuk mempersiapkan kemampuan mahasiswanya mengikuti Uji Pengetahuan PCAP – Programming Essentials in Python dengan mengadakan sebuah workshop secara daring melalui zoom, pada Senin (26/7) lalu sekitar pukul 18:30 – 21:00 WIB.

Peserta pada kegiatan ini adalah mahasiswa/i prodi sistem informasi Kampus Karawang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dekan Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Dr Didi Rosiyadi, M.Kom dan Ketua Program Studi Sistem Informasi dari berbagai kampus UBSI.

Workshop kali ini menghadirkan Rian Septian Anwar, M.Kom sebagai narasumber dan Bambang Eka Purnama, M.Kom sebagai moderator yang merupakan Dosen UBSI. Workshop sendiri, membahas tentang pemahaman bahasa pemrograman python, lengkap dengan langkah-langkah simulasi uji pengetahuan PCAP – Programming Essentials in Python.

Dr Didi Rosadi M.Kom, Dekan Fakultas Teknik dan Informatika UBSI mengatakan, python merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer saat ini dan merupakan bahasa pemrograman yang dapat melakukan eksekusi sejumlah instruksi multi guna secara langsung dengan metode orientasi objek.

“Di era digital ini hampir segala profesi yang berkaitan dengan teknologi dan komputer dianggap menjanjikan di masa depan, salah satunya adalah programmer. Banyak hal yang bisa anda ciptakan saat menekuni dunia programmer, seperti software, aplikasi pada smartphone, program GUI, program CLI, Internet of Things, games dan lainnya,” kata Didi Rosyadi.

Sementara Rian Septian Anwar M.Kom mengatakan, Pyton sendiri merupakan bahasa pemrograman yang cukup mudah untuk dipelajari, sekalipun oleh para pemula. “Python banyak keunggulannya, diantaranya memiliki sintaks yang memungkinkan pengembang untuk menulis program dengan lebih sedikit baris daripada beberapa bahasa pemrograman lainnya,” ungkap Rian.

Terpisah, peserta Workshop UBSI Karawang, Citra mengungkapkan, workshop seperti ini sangat dibutuhkan baginya sebagai pemula dalam Bahasa pemrograman python, karena diakui Citra, kegiatan ini dapat mengenal banyak tools yang dapat digunakan baik online maupun offline. “Jadi singkatnya memang memudahkan penyelesaian kasus dengan menggunakan Bahasa pemrograman python,” ujarnya.

Ketua Program Studi Sistem Informasi Kampus Kabupaten Karawang, Abdussomad, M.Kom berharap pola workshop daring tersebut dapat menjadi alternatif di saat kondisi yang kurang memungkinkan untuk melakukan aktivitas secara langsung. “Semoga workshop ini mampu memberikan bekal ilmu pengetahuan dalam persiapan Uji pengetahuan PCAP – Programming Essentials in Python sekaligus kemampuan yang dapat diterapkan dalam menjawab kebutuhan dilingkungan masyarakat,” harap Abdussomad. (kie)

Artikel sebelumnyaDiduga Serobot Lahan, Pengembang Kartika Residence Dipolisikan
Artikel selanjutnyaDugaan Penyalahgunaan Anggaran Majalah Sawala, Bupati Kapan Dipanggil?