Beranda Regional Ujian Tertulis Bakal Calon Pilkades Karawang Akan Digelar Dengan Sistem Zonasi

Ujian Tertulis Bakal Calon Pilkades Karawang Akan Digelar Dengan Sistem Zonasi

Perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)  Kabupaten Karawang yang diikuti oleh 177 Desa,  Februari ini akan melakukan tes tulis dengan sistem zonasi.

Dalam situasi Pandemi seperti ini, agenda-agenda politik 5 tahunan dipaksa untuk menyesuaikan dengan situasi saat ini, penerapan protokol kesehatan menjadi kunci untuk memutus penyebaran Virus Covid-19. Dalam pelaksanaan Pilkades tahun 2021 kali ini berbeda dengan pilkades sebelumnya.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Karawang, Eko menuturkan bahwa ada sekitar 563 bakal calon yang lolos di persyaratan administrasi dan 13 bakal calon yang tidak lolos seleksi administrasi dan 1 orang mengundurkan diri, Selasa. (16/2/2021)

“Insya Allah ujian tertulis bakal calon Kepala Desa akan dilaksanakan pada tanggal 23 Februari ini dan akan diikuti oleh 563 bakal calon kepala desa,” kata Eko.

Eko menambahkan karena kegiatan Pilkades ini masih dalam situasi pandemi, penerapan protokol kesehatan, seperti menghindari terjadinya kerumunan saat test bakal calon, DPMD melakukan skema zonasi dalam ujian tertulis.

“Karena masih dalam masa pandemi, kita akan skemakan ujian tertulis dengan sistem zonasi, seperti misalnya kecamatan Pakis, Batujaya, Tirtajaya, Cibuaya itu bisa dilaksanakan di Rengasdengklok begitu pun kecamatan-kecamatan yang lainnya, nanti akan di tetapkan zonasinya, ini masih proses,” ujarnya.

Saat ditanya kisi-kisi soal ujian tertulis untuk para bakal calon, pihak DPMD tidak tahu- menahu mengenai soal ujian nanti, karena pembuatan soal ujian diserahkan kepada akademisi.

“Kita tidak tahu apapun mengenai soal ujian nanti seperti apa, itu diserahkan semua ke akademisi di Universitas Buana Perjuangan, nanti kita hanya terima hasil nya saja.” Pungkasnya. (ddi)