Beranda Regional Upaya Mahasiswa KKN UBPK dalam Pembinaan dan Pengembangan UMKM Desa Karyasari

Upaya Mahasiswa KKN UBPK dalam Pembinaan dan Pengembangan UMKM Desa Karyasari

Universitas Buana Perjuangan Karawang kembali melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk para mahasiswanya. Tahun 2021 merupakan tahun kedua Universitas Buana Perjuangan Karawang melaksanakan kegiatan KKN secara daring sejak adanya penyebaran pandemi covid-19 di Indonesia. Kegiatan KKN ini berlangsung mulai dari tanggal 1-31 Juli 2021 dengan tema “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Di Era New Normal”.

Salah satu desa yang dijadikan lokasi KKN daring adalah Desa Karyasari yang berada di Kecamatan Rengasdengklok. Para peserta yang melakukan kegiatan KKN ini merupakan mahasiswa semester 7 dari berbagai program studi diantaranya Teknik Industri, Teknik Informatika, Manajemen, Akuntansi, Farmasi, Psikologi, Ilmu Hukum, Sistem Informasi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

KKN Desa Karyasari 2021 diketuai oleh Ellin Permatasari yang merupakan mahasiswa semester 7 program studi Manajemen. “Awalnya KKN tahun 2021 ini akan dilaksanakan secara hybird (Online dan Offline), akan tetapi karena diberlakukannya kebijakan PPKM darurat oleh pemerintah maka kegiatan KKN ini dirubah menjadi full online. Adapun 2 program kerja kolompok KKN Desa Karyasari yakni membantu pengisian update Prodeskel dan melakukan pendampingan serta pengembangan kepada UMKM yang ada di Desa Karyasari dalam upaya meningkatkan ekonomi di Era New Normal ini” Ucapnya.

Sejauh ini pengisian prodeskel sudah berjalan dengan didampingi oleh pihak desa dan untuk mengembangkan dan membangkitkan kembali UMKM yang ada di Desa Karyasari dilakukan pendampingan UMKM, mahasiswa KKN telah memilih 2 UMKM untuk dilakukan pendampingan dan pembinaan yaitu dibidang makanan yang antara lain UMKM pembuatan aneka kripik yang diproduksi oleh Organisasi “Kumpulan Wanita Tani” dan juga UMKM pembuatan Kue.

Untuk UMKM aneka kripik yang diproduksi oleh Organisasi “Kumpulan Wanita Tani” Desa Karyasari, produk yang dibuat berupa kripik bawang, kripik pisang, telur gabus, dan aneka kripik lainnya. Produksi UMKM ini masih dilakukan di rumah masing-masing anggota namun untuk penjualannya dilakukan secara bersama-sama sehingga mendapatkan berbagai macam aneka olahan kripik. Pada UMKM ini terlihat bahwa kemasan yang dipakai masih sederhana dan tidak menggunakan label sebagai tanda produk jualnya, maka dari itu mahasiswa KKN memberikan pembinaan untuk melakukan pengembangan kemasan dan pemberian label agar menambah daya tarik dari olahan kripik tersebut. Selain itu juga, mahasiswa membuat vidio promosi untuk UMKM ini yang diharapkan dapat menambah tingkat penjualan produksi dan menyebarluaskan tingkat pemasaran.

Untuk UMKM pembuatan Kue, kue yang diproduksi berupa kue yang sering ditemui di pasaran atau warung-warung sekitar, memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Untuk UMKM kue ini sudah menggunakan label namun mahasiswa KKN akan melakukan pengembangan terhadap label tersebut yang kan di redesign agar terlihat lebih menarik dan mempunyai harga jual. Selain itu juga mahasiswa akan membuat vidio promosi dari UMKM kue ini agar jangkauan pemasarannya lebih luas dan dapat meningkatkan ekonomi UMKM di masa pandemi ini.

Program kerja selanjutnya yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Desa Karyasari yaitu melakukan sosisalisasi secara daring yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2021 pada pukul 14.00. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan mengundang para UMKM yang ada di Desa Karyasari atas perizinan dari pihak desa dengan tujuan agar para UMKM dapat bertahan dan dapat meningkatkan ekonomi di masa pandemi seperti ini. “Dengan adanya kegiatan KKN ini diharapkan dapat membantu membangkitkan ekonomi kerakyatan di masa pandemi dan diharapkan masyarakat khususnya pemilik UMKM dapat merasakan dampak positif dari kegiatan ini” ucap salah satu perwakilan mahasiswa KKN.

Informasi lebih lanjut mengenai KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang 2021 bisa diakses melalui http://kkn.ubpkarawang.ac.id