Beranda Regional Urai Kemacetan, Pemkab Bekasi Lakukan Penataan Pedagang di Jalan Yos Sudarso

Urai Kemacetan, Pemkab Bekasi Lakukan Penataan Pedagang di Jalan Yos Sudarso

BEKASI TVBERITA.CO.ID-Dalam rangka memecahkan masalah kemacetan penguraian kemacetan di jalan Yos Sudarso dan jalan Kapten Sumantri depan pasar cikarang jajaran Pemkab Bekasi yang terdiri dpersonel.ol PP, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perdagangan, Unsur Kecamatan yang dibantu TNI/Polri melakukan penertiban dan penataan para pedagang yang berjualan di sepanjang jalan tersebut, Rabu (12/12).
Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, Abdurofiq mengatakan bahwa pihaknya turut mendukung langkah Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam melakukan penataan jalan yang kerap menimbulkan kemacetan.
 
“Kita mendukung apa yang menjadi keinginan Pemerintah Kabupaten Bekasi terutama dalam melakukan penataan jalan yang kerap menimbulkan kemacetan,” kata dia saat diwawancarai.
Pihaknya di sini hanya menata bukan menertibkan dari yang selama ini berjualan di jalanan dipindahkan ke tempat yang lebih layak. Pihaknya akan terfokus dahulu di jalan ini, karena jalan ini sangat ramai lalu lintas sehingga bagaimana masyarakat bisa nyaman.
 
Dinas Perdagangan sudah membuat tempat penampungan sementara untuk para pedagang di dua lokasi diantaranya pasar Cikarang dan di jalan Tumarintis.
 
“Insya Allah tempat yang disediakan untuk penampungan para pedagang bisa menampung semuanya di dua lokasi tadi,” kata dia.
 
Kedepan, tambahnya pihaknya akan melakukan koordinasi lintas sektoral karena persoalan ini bukan hanya jadi kewenangan Dinas Perdagangan sendiri tetapi melainkan harus dilakukan secara bersamaan jika ingin menata itu dengan baik.
 
Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Hudaya mengatakan bahwa kegiatan hari ini sebagaimana Peraturan Daerah (Perda) No 4 tahun 2012 tentang Ketertiban Umum (Tribum) termasuk di dalam nya pedagang kaki lima (K5) yang berdagang menggunakan badan jalan.
 
“Jalan di depan pasar Cikarang ini cukup luas, karena adanya pedagang yang tumpah kejalan akhirnya membuat jalan menjadi macet dan tersendat-sendat,”ujarnya.
 
Kegiatan ini juga merupakan keinginan dari Pimpinan (Plt Bupati Bekasi) yang ingin mengubah wajah pasar Cikarang untuk lebih menjadi tertib. Maka dari itu Satpol PP melakukan itu tidak serta merta sekaligus, tetapi melakukannya secara pelan- pelan. 
“Kita akan lakukan patroli dan monitoring terhadap keberadaan PKL yang ada di sini untuk kedepan dan seterusnya,”terangnya.
 
Kegiatan ini dilakukan secara bersamaa diantaranya Satpol PP sebanyak 100 personel, DLH 150 pesapon, Polisi 70 personel, Dishub 20 personel.