Beranda Regional Wabah Difteri di Karawang Belum Ditetapkan sebagai KLB

Wabah Difteri di Karawang Belum Ditetapkan sebagai KLB

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menolak menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB), kendati perkembangan wabah virus difteri kian meningkat. Bupati Cellica Nurrachadiana beralasan, peningkatan status KLB memiliki kriteria tertentu, salah satunya harus dilihat dari wilayah sebaran kasus masyarakat yang terjangkit virus difteri.

“Kalau peningkatan status (difteri) jadi KLB kita belum, harus lihat sebarannya. Kalau secara nasional sudah (KLB) dan menjadi perhatian khusus. Tetapi kita juga sudah melakukan perhatian khusus,” katanya kepada KORAN BERITA (Grup Tvberita.co.id), Selasa (12/12).

Namun diakui Cellica, kasus virus difteri di Karawang telah meningkat. Oleh sebab itu, pihaknya juga telah melakukan rapat khusus bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, untuk membahas langkah-langkah penanganan kasus tersebut.

“Saat ini baru ada 14 kasus yang terjangkit. Saya sudah melakukan pertemuan dengan Dinkes dan RSUD untuk membahas itu,” katanya.

Pemkab Karawang akan mengintensifkan sosialisasi mengenai virus difteri secara masif ke seluruh kecamatan, agar masyarakat bisa memahami pasti gejala virus tersebut. Selain itu, pemerintah juga akan segera menggelar imunisasi anti difteri. Diharapkan masyarakat nantinya bisa memahami, jika imunisasi itu penting untuk kesehatan mereka.

“Masyarakat juga harus paham bagaimana gejalanya (difteri). Misalnya seperti sakit tenggorokan, demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan lemas. Nah kita akan tingkatkan sosialisasinya. Saya juga sudah perintahkan Dinkes untuk segera melakukan imunisasi cuma-cuma ke masyarakat,” katanya.

Dijelaskan Cellica, langkah tersebut sebagai proteksi dini bagi masyarakat dari virus difteri. Rencananya, untuk tahap awal imunisasi akan diutamakan terlebih dahulu bagi pelajar di sekolah-sekolah, selanjutnya akan digelar di kecamatan bagi masyarakat.(put/ris)