Beranda Headline Wagub Jabar Usul Poligami Demi Cegah HIV/AIDS, Ketua PBNU: Tidak Bisa Dibenarkan

Wagub Jabar Usul Poligami Demi Cegah HIV/AIDS, Ketua PBNU: Tidak Bisa Dibenarkan

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

JAKARTA – Ketua PBNU Bidang Keagamaan KH Ahmad Fahrurrozi, mengaku tak setuju dengan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang mengusulkan para suami melakukan poligami demi cegah angka penderita HIV/AIDS.

Uu mengatakan agama tak melarang suami untuk melakukan poligami.

“Dari pada seolah-olah dia (suami) tidak suka begitu, tapi akhirnya kena (HIV/AIDS) ke istrinya sendiri, toh agama juga memberikan lampu hijau asal siap adil kenapa tidak? Makanya daripada ibu kena (HIV/ AIDS) sementara ketahuan suami seperti itu mendingan diberikan keleluasaan untuk poligami,” kata Uu dalam keterangan tertulis, Selasa (30/8).

Baca juga: Desa Cibukamanah Jadi Sasaran Sosialisasi Bahaya HIV/AIDS

Pernyataan Uu langsung dibantah oleh KH Ahmad Fahrurrozi. Ia berpendapat bahwa usulan terkait poligami untuk mengentaskan HIV/AIDS tidak bisa dibenarkan.

Menurutnya, problem HIV/AIDS tidak bisa disederhanakan dengan mengambil jalan pintas melalui poligami.

“HIV/AIDS itu problematika lintas sektor, yakni ekonomi, politik, kesehatan, sosial dan budaya. Solusinya tidak bisa dikaitkan dengan poligami,” kata pria yang akrab disapa Gus Fahrur dikutip dari situs resmi PBNU, NU Online.

Gus Fahrur melihat penanganan kasus HIV/AIDS cukup luas. Artinya, tidak semata urusan rumah tangga, mengingat seks bebas masih merupakan faktor utama risiko penularan HIV/AIDS. (net)