Beranda Regional Dewan Karawang: Solusi Banjir Adalah Pembangunan Waduk dan Normalisasi Sungai Citarum

Dewan Karawang: Solusi Banjir Adalah Pembangunan Waduk dan Normalisasi Sungai Citarum

KARAWANG- Pembangunan waduk dan normalisasi sungai Citarum dinilai menjadi solusi persoalan banjir di Kabupaten Karawang. Wakil Ketua I DPRD, Ajang Sopandi menyebut Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR dan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) segera mengeksekusi dua solusi tersebut.

“Pemerintah pusat harus membuat waduk dan BBWS yang menangani 19 Daerah Aliran Sungai (DAS) juga harus melakukan normalisasi sungai Citarum dari Hulu sampai Hilir khususnya di wilayah Karawang,” ujarnya, Selasa(13/02/2021).

Dikatakan Ajang, DPRD Karawang mendorong Pemkab melalui PUPR Karawang untuk membuat pengajuan kepada Gubernur Jawa Barat agar bertindak cepat. Pasalnya, curah hujan tidak bisa diprediksi kapan turun. Dan harus disiasati debit air, karena air ini banyak yang kirim dari Bogor Purwakarta dan daerah lainnya.

“Harus bertindak cepat Pemkab Karawang untuk melakukan pengajuan ke Gubernur Jabar, Ridwan Kamil agar segera mengesekusi untuk rekrutrunksi pasca banjir,” paparnya.

Dia juga berharap banjir kali ini adalah yang terakhir. Pihaknya mengimbau masyarakat Karawang agar meningkatkan kewaspadaan pada Februari-Maret. Pihaknya juga meminta dinas terkait lebih reponsif terhadap korban banjir yakni rawan pangan dimana butuh pertolongan dengan menjemput bola ke titik lokasi banjir.

“Kepada dinas terkait untuk pemberian bantuan harus tepat sasaran dan tidak terlalu administrasi. Jangan dahulukan administrasi tapi kemanusian utama,” pungkasnya. (rst)