Beranda Regional Waluya Utamakan Transparansi dalam Membangun Desa

Waluya Utamakan Transparansi dalam Membangun Desa

KUTAWALUYA,TVBERITA.CO.ID- Dalam menjalankan roda pemerintahan serta melaksanakan berbagai pembangunan di wilayah desa, tranfaransi sangat penting dilakukan.

Hal tersebut menjadi modal utama Kepala Desa Waluya, Kecamatan Kutawaluya, Hermansyah (Asep) sebagai kepala desa dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Selain itu, dirinya selalu mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan yang menyangkut kepentingan masyarakat.

“Intinya kita selalu transfaran kepada masyarakat, apapun program dari pemerintah selalu kita sampaikan kepada masyarakat agar mereka tahu dan mendukung program tersebut,” kata Hermasyah, Kamis (18/01).

Selain dalam menjalankan program pemerintah dalam pembangunan, tranparansi juga dilakukannya dalam berbagai aktivitas pemerintah desa.

Sehingga menurutnya segala tujuan pembangunan bisa terwujud dengan mendorong partisipasi masyarakat di setiap level pelaksanaan kegiatan pembangunan.

Bentuk transparansi tersebut dilakukan dengan memberikan kemudahan, kejelasan akses informasi.

Serta selalu menerapkan akuntabilitas dari suatu aktivitas pembangunan yang sudah, sedang, dan akan dilakukan.

Hermansyah menambahkan, adanya program pemerintah melalui Dana Desa Tahun 2017 yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat, ADD dari Pemkab Karawang, serta BanGub dari Provinsi Jawa Barat, pihaknya sudah melakukan program-program tersebut untuk Peningkatan Pembangunan Sarana Prasarana Infrastruktur yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pembangunan dilaksanakan pada peningkatan Jalan Lingkungan (Jaling), Jalan Setapak (Japak) dan Turap Penahan Tanah (TPT) untuk Saluran Tersier.

Kesemua pembangunan tersebut menurutnya bermanfaat bagi masyarakat dalam menjalankan aktifitasnya guna meningkatkan perekonomian warga.

“Dengan berbagai program yang kami terima, saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pusat yang telah menggulirkan anggaran untuk membangun Desa Waluya, demi terciptanya, masyarakat yang sehat serta lingkungan aman, dan khususnya dalam roda perekonomian ada perubahan yang meningkat,”ujarnya.

Sementara warga setempat, Ramu, saat ditemui KORAN BERITA, mengaku terbantu dengan adanya Realisasi Pembangunan Jalan Lingkungan yang berlokasi dibeberapa titik pelaksanaan, ditambah Jalan Setapak (Japak) juga Turap Penahan Tanah (TPT) untuk penyerapan saluran tersier.

Warga sangat berterima kasih karena merasa terbantu, dan aktifitas ekonomi masyarakat bisa lebih terdongkrak dengan kemudahan transfortasi dalam mengangkut hasil bumi.

“Pemerintah Desa Waluya yang dipimpin oleh Hermansyah, dalam membangun sangat signifikan perubahannya, karena pada umumnya Orientasi pelaksanaan pembangunan tepat sasaran sesuai harapan masyarakat,” ungkapnya.(yay/ris)