Beranda Regional Warga Telukbango Minta Kades Serius Tangani Drainase

Warga Telukbango Minta Kades Serius Tangani Drainase

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Warga Dusun Tengah II Rt, 04/02 dan Dusun Tengah I Rt.03/1 Desa Telukbango, Kecamatan Batujaya, sangat cemas menghadapi musim penghujan. Akibat sistem drainase yang buruk, meskipun tidak turun hujan, pemukimannya selalu tergenang air.

 

Warga setempat yang dikenal Bang Jon, mengatakan bahwa genangan air hujan tersebut terjadi akibat tidak ada saluran pembuangan. Sehingga ketika musim hujan pemukimannya terendam air hujan, meskipun hujannya sudah reda beberapa hari sebelumnya.

“Akibat tidak ada saluran pembuangan, ditambah saluran kali apur dipinggir jalan sudah tidak berfungsi, makanya halaman rumah kami selalu terendam air hujan,” terangnya, Minggu (21/01).

Padahal menurutnya dengan adanya genangan air tersebut, aneka penyait pun siap menyerang warga masyarakat. Beberapa penyakit yang timbul diantaranya adalah penyakit akibat gigitan nyamuk serta virus seperti demam berdarah, malaria, influenza, diare, penyakit akibat bakteri dan parasit.

“Akibat kurang pedulinya pemdes kami, sehingga masyarakat selalu mengalaminya setiap tahun. Padahal kami sebagai warga sangat mengharapkan penanggulangan cepat dari pemerintah,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan harapan warga kepada Pemerintahan Desa Telukbango segera menanggulangi genangan air yang menggenangi pemukiman warga. Agar kedepannya lingkungan menjadi sehat, aman, juga meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Telukbango, Subur saat dihubungi via seluler, mengatakan saat ini upaya yang dilakukan setiap jum’at pihak desa bersama warga kerjabakti. Bahkan sebelum musim hujan pun sudah digiatkan kerjabakti.

“Memang angka kesadaran warga kami masih kurang. Padahal setiap kerja bakti kita undang pake undangan dan pengeras suara di setiap musholla,” ujarnya.

Menurutnya air hujan yang menggenangi pemukiman warga tersebut terjadi akibat saluran kali apur tersumbat. Dan lebih parahnya saluran kali apur tersebut di cor bagian atasnya.

“Penyebab utamanya adalah tersumbat dan tertutupnya saluran kali apur, sehingga drainase tidak lancar dan menyebabkan genangan air hujan,” pungkasnya.(yay/ris)