Beranda Regional Wujudkan Rumah Sakit Aman, Protokol Covid-19 Siloam Hospital Dipastikan Diberlakukan

Wujudkan Rumah Sakit Aman, Protokol Covid-19 Siloam Hospital Dipastikan Diberlakukan

PURWAKARTA-Pandemi Covid-19 di Indonesia memasuki bulan ke 11 sejak kasus Covid-19 pertama muncul di Indonesia pada awal Maret 2020. Selama itu pula Siloam Hospitals Purwakarta menghadapi Pandemi, Protokol Covid-19 Siloam Hospitals selalu di update disesuaikan dengan meningkatnya kasus Covid di Area Purwakarta dan sekitarnya.

Siloam Hospitals Purwakarta bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta mengadakan kegiatan media gathering bersama insan pers Purwakarta dan sekitarnya melalui virtual zoom in, dalam acara ini drg. Elitasari selaku Kabid P2P Dinas Kesehatan Purwakarta menjelaskan tentang Definisi Operasional Covid19.

Dijelaskan kasus suspek Covid-19 diantaranya ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) + Riwayat perjalanan dalam 14 hari terakhir atau tinggal di area dengan transmisi lokal.

“Selain itu ISPA + Kontak dengan kasus konfirmasi / probable dalam 14 hari terakhir, ISPA berat / Pneumonia berat dan tidak ada penyebab lain,”jelas drg. Elitasari Kabid P2P Dinas Kesehatan Purwakarta, Selasa. (9/2)

“Kasus Probabel ISPA berat / Pneumonia berat atau pasien meninggal + belum ada hasil PCR, Kasus konfirmasi Asimtomatik (tanpa gejala) + PCR Test Positif dan Simtomatik (dengan gejala) + PCR Test Positif,” paparnya.

“Kemudian terjadi kontak erat, seperti kontak tatap muka dengan kasus probable atau konfirmasi dalam radius 1 meter dan lebih dari 15 menit, kontak fisik secara langsung dengan kasus probable atau konfirmasi,” ujarnya.

“Begitu juga orang yang memberikan perawatan kepada kasus probable atau konfirmasi tanpa menggunakan APD. Kasus discarded, kasus suspek + hasil PCR 2 kali negatif berturut-turut selang 24 jam Kontak erat + karantina 14 hari,” ungkapnya.

Siloam Hospitals Purwakarta sebagai penyedia layanan kesehatan menerapkan protokol Covid-19 yang sudah sesuai dengan arahan dari Kemenkes salah satunya dengan menerapkan skrining bagi pasien pada saat datang ke Siloam Hospitals Purwakarta. Hal ini bertujuan agar pasien kasus konfirmasi Covid-19 akan mendapatkan perawatan khusus dan tidak bercampur dengan pasien lainnya.

Kepala Pelayanan Medis Siloam Hospitals Purwakarta, dr.Rika Wulandari dan dr. Adrian Suhendra, Sp.PK dokter spesialis patologi klinik Siloam Hospitals Purwakarta menjelaskan Skrining Pasien dilalukan secara bertahap, tapi untuk memastikan tersebut adalah positif Covid-19 harus di lakukan test (swab).

“PCR sebagai Gold standar Covid-19 yang diakui oleh Kementerian Kesehatan RI,” papar mereka.

“Perbedaan Test Swab PCR, Test Swab Antigen & Test Rapid Antibody dan Serology kualitatif maupun kuantitatif yang saat ini banyak belum dimengerti oleh masyarakat dan kapan saat yang tepat untuk melakukan test tersebut,” jelasnya.

“Melalui acara media gathering ini diharapkan informasi tentang tatalaksana pasien Covid-19 dapat tersampaikan dan dapat dipahami oleh masyarakat luas khususnya bagi masyarakat Purwakarta dan sekitarnya, sehingga dengan menerapkan protokol Covid-19 dapat memberikan rasa aman bagi pasien yang memerlukan layanan kesehatan tanpa harus khawatir akan penyebaran Covid-19 di Siloam Hospitals Purwakarta,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel sebelumnyaAparat Kecamatan Karawang Timur Sigap Bencana Alam
Artikel selanjutnya100 Pelanggar Terjaring Pada Operasi Yustisi Pada Masa PPKMĀ  di Wilayah Mustika Jaya dan Bekasi TimurĀ