Beranda Headline Wujudkan Smart ASN, BKPSDM Karawang Luncurkan Buku Berbahasa Inggris

Wujudkan Smart ASN, BKPSDM Karawang Luncurkan Buku Berbahasa Inggris

BKPSDM Karawang luncurkan buku berbahasa inggris
BKPSDM Karawang memperkenalkan buku berjudul Smart ASN: Be Smart with English.

KARAWANG – Badan Kepegawaian dan Pembinaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang luncurkan buku berbahasa inggris berjudul ‘Smart ASN: Be Smart With English’ buah karya puluhan ASN di lingkungan Pemkab Karawang.

Buku ini merupakan salah satu rangkaian pembinaan BKPSDM Karawang yang berfokus mewujudkan Smart ASN.

Smart ASN sendiri, merupakan predikat yang diberikan kepada pegawai dengan kompetensi, kinerja, serta profesionalisme yang tinggi, dan mampu responsif terhadap perubahan dan pencapaian tujuan organisasi.

Baca juga: Berapa Usulan Formasi CPNS dan PPPK 2024 di Karawang? Ini Penjelasan BKPSDM

Plt Kepala Bidang Pengembangan SDM BKPSDM Karawang, Nendi Sopandi menuturkan, penulis dalam buku Smart ASN adalah para ASN yang telah mengikuti Summer Camp BKPSDM Karawang di Bogor, Jawa Barat pada 28-30 Oktober 2023 lalu.

BKPSDM Karawang luncurkan buku berbahasa inggris
BKPSDM Karawang memamerkan peluncuran buku berbahasa inggris. Foto: istimewa

Dalam summer camp tersebut, perwakilan pegawai ASN di setiap instansi digembleng secara kompetensi, kapasitas maupun skill agar menjadi ASN berkualitas, dan yang paling utama, mereka diwajibkan cakap berkomunikasi dalam bahasa inggris.

“Nah tindaklanjut dari kegiatan itu mereka kami minta untuk mengirimkan karya tulis mengenai pengalaman saat summercamp, tapi dalam bahasa inggris. Sehingga kita tuangkan menjadi sebuah buku Smart ASN ini,” papar Nendi, Jumat, 2 Februari 2024.

Baca juga: Komitmen Wujudkan Karawang Zero Waste, Bupati Aep Belajar Pengelolaan Sampah ke Banyumas

Widyaiswara BKPSDM Karawang, Rahman Tanjung menambahkan, buku Smart ASN sengaja ditulis dalam bahasa inggris, karena salah satu indikator predikat Smart ASN ialah penguasaan bahasa asing.

“Ada delapan karakteristik dalam Smart ASN itu, yaitu integritas, nasionalisme, profesionalisme, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, hospitality, networking, serta entrepreneurship. Nah ini baru kita fokuskan dulu di penguasaan bahasa asing, nantinya akan berlanjut ke indikator lain,” katanya.

Saat ini, kata dia, buku Smart ASN baru dicetak 40 eksemplar, dan belum disebarluaskan. Namun buku ini juga nantinya bisa diakses melalui laman website BKPSDM Karawang.

Diharapkan melalui peluncuran buku ini, bisa menjadi stimulan dalam membentuk birokrasi berkelas internasional di lingkungan Pemkab Karawang. (*)