Beranda Karawang RPJMD Diduga Plagiat, Kualitas Kepemimpinan di Karawang Pun Diragukan

RPJMD Diduga Plagiat, Kualitas Kepemimpinan di Karawang Pun Diragukan

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Dugaan plagiat atau copy paste pada dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Karawang 2016-2021 yang sudah di-upload di situs resmi Pemkab Karawang menjadi sorotan banyak pihak.

 

Salah satunya datang dari pengamat kebijakan pemerintah, Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Karawang.

DEEP pun mendesak agar Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang menjelaskan kepada publik apa yang sebenarnya terjadi, apakah benar RPJMD tersebut memang hasil copy paste dari Kabupaten lain atau seperti apa.

“Pasalnya, RPJMD itu penting sebagai panduan pembangunan,” kata Gustiawan, Koordinator DEEP Karawang.

Baca juga: Disoal RPJMD yang Diduga Plagiat: Bappenda, Kabag Hukum dan Ketua DPRD Bungkam

Namun jika kemudian, rencana itu adalah hasil copy paste, dikhawatirkan dalam implementasinya tidak maksimal karena boleh jadi tidak sesuai dengan kondisi Kabupaten Karawang.

Selain itu lanjutnya, jika benar hasil copy paste, ini menunjukkan bahwa perencanaan Kabupaten Karawang bukan buah fikir pemangku kebijakan di kabupaten ini, maka kesemrawutan yang ada saat ini terjawab, karena memang rencana pembangunannya saja tidak menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Kabupaten ini.

“Kami juga jadi bertanya-tanya mengenai kualitas para pimpinan di lingkungan pemkab Karawang ini, apakah tidak sanggup untuk membuat RPJMD hingga harus copy paste? Dan Biro hukum juga tidak teliti mengapa dokumen itu bisa lolos, apakah tidak dibaca terlebih dahulu naskahnya, ini juga bentuk keteledoran yang tidak seharusnya terjadi,” sesalnya kepada Tvberita.co.id, kemarin.

Terakhir diungkapkan Gustiawan, pihaknya sangat menyayangkan di mana rencana pembangunan yang seharusnya menjadi panduan lima tahun kedepan itu ternyata hasil copy paste, bukan orisinil dari pemikiran dan rencana Kabupaten Karawang sendiri. (Nna/kie)

Komentar Facebook