Beranda News Sehari BPJamsostek Bayar Klaim Mencapai Miliaran

Sehari BPJamsostek Bayar Klaim Mencapai Miliaran

TVBERITA.CO.ID – BPJamsostek Purwakarta mengalami kenaikan pembayaran klaim untuk para pekerja yang berada di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Tak tanggung-tanggung dalam sehari hingga bulan dari bulan Januari hingga Juni BPJamsostek membayar claim mencapai angka Rp 1,1 miliar untuk claim kasus JHT, JKM, JKK, dan JP.

“Untuk anggaran klaim JHT saja dari bulan Januari-Juni untuk 12030 orang, sekitar Rp 140 Miliar,” jelas Kepala Cabang BPJamsostek Purwakarta Herry Subroto didampingi Kepala Bidang Pelayanan Renata Susanti di depan awak media, Selasa (21/7).

“Di masa Pandemi Covid-19 ini ada peningkatan hingga 30 persen, dibanding tahun sebelumnya,” ungkapnya.

“Kalau untuk perusahaan memang lebih dominan, banyak pekerja yang di PHK, hingga kini ada sekitar 126 perusahaan dan sekitar 54 Ribu pekerja yang mengajukan relaksasi premi BPJamsostek,” ujarnya.

Diakui sejak bulan Maret 2020 perusahaan yang menunggak mengalami peningkatan juga akibat Pandemi Covid-19.

“Jumlah perusahaan yang menunggak dipastikan mengalami peningkatan dari sebelumnya, kita harus ekstra kerja untuk memilahnya,” paparnya.

“Namun hingga saat ini, BPJamsostek hanya bisa melayani relaksasi untuk program JKK dan JKN hanya satu persen saja dari nilai yang biasanya dibayar oleh perusahaan,” tegasnya.

“Tetapi relaksasi tersebut juga ada syaratnya, premi yang harus dibayar hingga Juni sudah selesai, karena relaksasi berlaku mulai bulan Juli ini,” pungkasnya. (trg/fzy)