Beranda Karawang Sekda Acep: Anggaran untuk Upacara Hari Santri Rp 130 Juta Lagi

Sekda Acep: Anggaran untuk Upacara Hari Santri Rp 130 Juta Lagi

Sekda Karawang, Acep Jamhuri.

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Menurut Sekda Karawang, Acep Jamhuri, Anggaran kegiatan Hari Santri Nasional masuk ke dalam pos anggaran Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) yang dari total keseluruhan saat ini tersisa kurang lebih Rp 130 juta.

 

Dan anggaran tersebut, lanjutnya, adalah untuk kegiatan upacara Hari Santri Nasional, namun kemudian pihak Nahdlatul Ulama (NU) ingin ada kegiatan lain yaitu seperti lomba- lomba dan lain-lainnya yang Rencana Kerja Anggarannya (RKA) belum diakomodir oleh Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Karawang.

“Anggaran PHBI ada kurang lebih Rp 130 juta lagi, itu kan untuk upacara hari santri, hanya pihak NU ingin ada kegiatan lain seperti lomba-lomba dan lain sebagainya, dan ini RKA-nya yang belum diakomodir oleh bagian Kesra, dan seharusnya di akomodir,” ujarnya menjelaskan.

Dikatakannya lagi, tahun kemarin pun kegiatan Hari Santri Nasional dianggarkan Rp 30 juta, dan memang harus menyesuaikan antara kegiatan dan RKA harus dipersiapkan.

“Dan tahun ini juga ada perubahan di anggaran perubahan, lebih dari Rp 30 juta, NU juga ada kegiatan diakomodir kita akan bantulah,” katanya menegaskan.

Disinggung mengenai anggaran Hari Santri Nasional sebesar Rp 30 juta yang akan dikembalikan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, Sekda Acep pun tertawa.

Ia menandaskan, proposal kegiatannya pun belum diajukan lalu apa yang mau dikembalikan, tanyanya lagi.

“Proposalnya juga belum diajukan ke Pemda, mau mengembalikan apa? NU aja belum mengajukan,” kata Sekda seraya tertawa.

Diketahui sebelumnya, ramai dibicarakan terkait anggaran peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada 22 Oktober 2019 mendatang yang hanya dianggarkan Rp 30 juta oleh Pemkab Karawang.

Anggaran tersebut berbanding jauh dengan anggaran Festival Goyang Karawang Internasional 2019 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu dan dianggarkan mencapai Rp 2 miliar lebih.

Sehingga kemudian, PCNU Kabupaten Karawang menegaskan akan mengembalikan anggaran tersebut ke Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. Dan tetap akan menggelar kegiatan peringatan Hari Santri Nasional dengan meriah dengan menggunakan anggaran patungan dari para kiyai, ulama, ustadz/ustadzah serta swadaya masyarakat. (Nna/kie)

Komentar Facebook