Beranda News Sekda, Beli Tanah untuk Penyelamatan Lingkungan

Sekda, Beli Tanah untuk Penyelamatan Lingkungan

TVBERITA.CO.ID – Pembelian tanah yang dilakukan oleh Bupati melalui salah satu OPD Pemkab Purwakarta di masa Pandemi Covid-19 dianggap wajar.

Anggaran yang bernilai miliaran rupiah tersebut dikeluarkan oleh Pemkab melalui anggaran APBD Murni di masa Pandemi Covid-19 disebut untuk penyelamatan lingkungan.

“Kalau anggaran bukan anggaran refocusing Covid-19 tidak ada masalah,” jelas Sekda Pemkab Purwakarta Iyus Permana, Kamis (29/10).

“Pembelian tanah tersebut untuk kepentingan penyelamatan lingkungan, kan di situ tanah resapan air,” ujarnya.

“Dari pada pemiliknya membuat perumahan cluster lebih baik dibeli oleh Pemkab,” tegasnya.

Saat ditanyakan seberapa urgensinya membeli tanah dimasa Pandemi Covid-19 dan terkesan memaksakan, terlebih tidak dikeluarkan ijin perumahan oleh pihak terkait.

“Tanah tersebut wilayah resapan air, memang tidak dikeluarkan izinnya kalau buat perumahan, tapi kan tau sendiri di Purwakarta banyak perumahan yang belum berijin memaksakan untuk membangun perumahan,” ungkapnya.

“Terkait anggaran apakah di APBD murni atau perubahan silahkan tanya saja OPD terkait, selama itu bukan anggaran refocusing Covid-19 bisa dianggarkan karena disesuaikan dengan kebutuhan dan program OPD,”pungkasnya.

Pembelian tanah milik seluas 3000 M2 di Purwakarta dengan anggaran miliaran rupiah yang dianggarkan disalah satu OPD dibayarkan langsung pada bulan April 2020 sekaligus dilakukan pengalihan hak atas tanah tersebut. (trg/red)