Beranda News Sekda Purwakarta, OPD Tidak Boleh Gunakan Anggaran Selain Kepentingan Covid-19

Sekda Purwakarta, OPD Tidak Boleh Gunakan Anggaran Selain Kepentingan Covid-19

TVBERITA.CO.ID – Pemerintah Pusat hingga hari ini tetap berkonsentrasi dalam penanganan dan pencegahan Covid-19, dengan merefocusing anggaran di tingkat pusat hingga ke seluruh wilayah se Indonesia.

Hal ini sudah ditegaskan di Inpres yang mengatur agar Kementerian/Lembaga mempercepat pelaksanaan pengadaan barang dan jasa untuk penanggulangan Covid-19 dengan memperluas dan mempermudah akses sesuai UU Penanggulangan Bencana dan aturan turunannya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Iyus Permana saat dihubungi mengatakan kita masih berkonsentrasi dalam penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Kita Refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, sesuai aturan dari pusat melalui Kementerian Keuangan,” jelas Sekda Kabupaten Purwakarta Iyus Permana, Kamis (22/10).

“Semua telah dibahas, dan untuk penggunaan anggaran nantinya juga kan ada BPK/BPKP yang memeriksanya, kalau disalahgunakan nanti juga ketahuan,” ujarnya.

Saat ditanyakan boleh tidaknya bila OPD menggunakan anggaran selain untuk kebutuhan penanganan dan pencegahan Covid-19 karena telah direfocusing dan melakukan realokasi anggaran.

“Tidak boleh OPD menggunakan anggaran selain untuk kebutuhan Covid-19, tidak boleh itu, aturannya kan jelas,” tegasnya.

“Bila ada OPD yang menggunakan anggaran selain digunakan untuk Covid-19, silahkan sampaikan ke kami agar kami tindak lanjuti, tunjuk saja OPD mana,” pungkasnya. (trg/fzy)