Beranda Headline Soal Fortuner Plat Merah Karang Taruna, Dewan dan Sekda Beda Pendapat

Soal Fortuner Plat Merah Karang Taruna, Dewan dan Sekda Beda Pendapat

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG – Fortuner abu-abu berplat merah bekas mobil dinas salah satu unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang kini telah beralih menjadi “mobil dinas” pengurus Karang Taruna Kabupaten Karawang.

Anggota DPRD Kabupaten Karawang, Natala Sumedha turut angkat bicara kaitan mobil tersebut.

Dikatakan Natala kepada TV Berita, Rabu (3/6), mobil Fortuner yang digunakan Karang Taruna adalah mobil yang melekat pada jabatan bukan mobil sekelas Kasubag dan lain- lain.

“Mobil Fortuner ini kan mobil jabatan setingkat Kapolres, Muspida, bukan mobil sekelas Kasubag dan lain-lain, kecuali jika memang mobil itu statusnya tidak digunakan lagi baru bisa dipinjam pakaikan,” jelasnya.

“Dan jika mobil ini memang dipinjam pakai, Status pinjam pakainya ini seperti apa? Ada tidak berita acaranya di Bagian Aset?” tanya Natala.

Ditandaskannya, organisasi bisa meminjam mobil milik daerah, karena memang itu dibolehkan.

Namun demikian lanjutnya, bukan berarti harus dibranding seperti itu seolah-olah seperti miliknya.

“Oleh karenanya kami juga ingin tahu mobil itu sebenarnya dapat dari mana, dan statusnya seperti apa, boleh pinjam pakai tapi jangan dibranding seolah-olah seperti pengakuan,” tegasnya.

Sementara itu, berbeda dengan Natala, Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri justru mengatakan jika statusnya sudah pinjam pakai mobil tersebut dibranding pun boleh. Asalkan jangan digunakan untuk kepentingan pribadi.

“Kalau memang statusnya sudah pinjam pakai itu boleh, untuk Karang Taruna, kalau pribadi baru tidak boleh,” ungkapnya.

Ditandaskan Sekda Acep, selain Karang Taruna, organisasi atau lembaga manapun boleh jika memang ingin meminjam pakai dan membrandingnya.

“KNPI, NU,MUI, semua boleh pinjam, silakan ajukan,” ucapnya.

Apapun jenis mobilnya, tambahnya lagi, itu juga dibolehkan.

“Kalau sudah pinjam pakai dan ada surat berita acara, mau ormas atau lembaga tertentu itu boleh, mau jenis mobilnya beko, bus, atau apapun tidak ada masalah, karena Pemda juga punya pertimbangan, kalau mobil Fortuner itu tidak layak pakai ya ga apa-apa,” pungkasnya.

Karang Taruna Kabupaten Karawang Ketika dikonfirmasi keterkaitan penggunaan mobil plat merah yang dibranding logo dengan tulisan Karang Taruna Kabupaten Karawang itu, Sekertaris Karang Taruna Kabupaten Karawang, Dani Sudirman membenarkan bahwa mobil tersebut dipakai oleh pengurus Karang Taruna Kabupaten Karawang.

“He he iya,” kata Dani.

Kemudian Dani menjelaskan, Karang Taruna mengirimkan surat ke Pemerintah Kabupaten Karawang bulan Januari untuk pinjam pakai mobil operasional untuk Karang Taruna Kabupaten Karawang.

Pasalnya kata Dani, selama enam tahun Pemkab Karawang tidak pernah memberikan anggaran kegiatan Karang Taruna hingga hari ini, maka Pemkab memberikan mobil untuk pinjam pakai, mobil dengan merk Toyota jenis Fortuner.

“Mobil operasional tersebut kemudian dipakai oleh pengurus Karang Taruna Kabupaten Karawang dan dirawat oleh Wakil Ketua Bidang Hubungan antar lembaga Sdr. Cecep Munajat hingga hari ini,” katanya.

Untuk plat merah sendiri kata Dani memang pihaknya tidak mengubah sesuai nomor polisi aslinya.

Menurutnya, sudah seharusnya pemerintah daerah memberikan kendaraan operasional bagi Karang Taruna Kabupaten Karawang.

“Entah itu pinjam pakai atau khusus dibelikan untuk Karang Taruna Kabupaten Karawang sebagai organisasi sosial pemerintah daerah, seperti sejumlah daerah lainnya di Jawa barat,” jelasnya. (nna/fzy)