Beranda Karawang Sosialisasi Empat Pilar, Saan: Kelola Kemajemukan Jadi Kekuatan

Sosialisasi Empat Pilar, Saan: Kelola Kemajemukan Jadi Kekuatan

TVBERITA.CO.ID –¬†Politisi Partai Nasdem sekaligus anggota DPR RI Saan Mustopa, M.Si melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) di Yayasan Islam Al-Ikhlas Proklamasi, Kecamatan Karawang Barat, Jumat (19/6).

Sosialisasi ini tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Di tengah dinamika masyarakat yang berkembang hari ini, bagaimana empat pilar ini mampu kita bumikan agar dinamika ini tidak keluar dari konteks empat pilar,” kata Saan Mustopa.

Saan mencontohkan soal identitas yang saat ini gampang sekali dipolitisasi. “Kemajemukan hari ini adalah kekuatan untuk melawan politisasi identitas. Agama, suku, ras, ini gampang dipolitisasi. Bagaimana kita kelola perbedaan jadi kekuatan,” kata Saan.

Santri pesantren mampu menjaga nilai-nilai kemajemukan Indonesia menjadi kekuatan bukan ancaman. Politisi Nasdem tersebut menilai pesantren merupakan institusi penting dalam memahami empat pilar kebangsaan.

“Dan pesantren juga adalah bagian terpenting untuk membumikan empat pilar kebangsaan. Dan saya yakin pesantren ini mampu melakukannya, mereka juga bisa memilihara kemajemukan bukan menjadi ancaman melainkan menjadi kekuatan,” ungkap Saan. (fzy)