Beranda News Studi Purwakarta Menunggu Tindakan Saber Pungli

Studi Purwakarta Menunggu Tindakan Saber Pungli

TVBERITA.CO.ID, PURWAKARTA – Permasalahan Bansos baik itu BLT Dana Desa, BLT Kabupaten, dan lainnya yang berkaitan dengan penanganan dan pencegahan Covid-19 yang belakangan ramai diperbincangkan, karena diduga maraknya pemotongan anggaran bansos tersebut oleh beberapa oknum aparat desa dan belum ada tindak lanjutnya oleh Team Saber Pungli Kabupaten Purwakarta.

Di beberapa wilayah telah terjadi pemotongan dan perubahan bantuan tunai tersebut, dan tumpang tindih pengkondisian penerima bantuan pun kerap terjadi, justru yang disalahkan adalah data penerima.

“Terakhir kemarin informasinya seperti yang terjadi di Kelurahan Negri Tengah, bantuan dari Kabupaten disunat Rp 50 ribu oleh oknum RW,” jelas Hikmat Ibnu Aril, Ketua Studi Purwakarta, Selasa (26/5).

“Belum lagi BLT diubah menjadi sembako yang terjadi di Desa Sukatani, di Desa Bunder yang informasinya ada pemotongan BLT oleh oknum Desa Cisarua, Desa Salem dan wilayah lainnya,” ujarnya.

“Sebelumnya sudah ada pernyataan dari pemerintah pusat bahwa fungsi pengawasan dilakukan oleh semua pihak, bahkan di Purwakarta sudah ada Saber Pungli, lalu dengan keadaan seperti ini apa tindakannya, kalau pun ada seharusnya dipublikasikan sehingga masyarakat setidaknya bisa merasa tenang karena aduan dan keadaan mereka disikapi oleh aparat hukum,” tegasnya.

“Dengan adanya pemberitaan bahkan pengaduan dari warga seharusnya Saber Pungli melakukan pengecekan dan mengkonter pemberitaan dan info masyarakat dengan melakukan ekspos ke media, diharapkan dengan begitu lebih banyak lagi muncul aduan-aduan dari masyarakat,” ungkapnya.

“Jangan sampai informasi tersebut hanya diterima tanpa ditindak lanjuti, kami masih menunggu tindak lanjut dari Saber Pungli yang sudah dibentuk di Purwakarta dibawah Wakapolres Purwakarta,” pungkasnya. (trg/fzy)