Beranda Karawang Taat Imbauan Pemerintah, PLS SMAN 1 Karawang Dilakukan Daring

Taat Imbauan Pemerintah, PLS SMAN 1 Karawang Dilakukan Daring

TVBERITA.CO.ID – Tahun ini, Pengenalan lingkungan Sekolah (PLS) SMAN 1 Karawang akan sangat berbeda dari tahun sebelumnya, di mana kali ini akan dilangsungkan dalam bentuk daring, sebagai bentuk ketaatan pada imbauan pemerintah yang mewajibkan pelaksanaan program sekolah secara keseluruhan dengan sistem daring.

“Sesuai peraturan protokol covid-19 dalam dunia pendidikan, semua harus melalui daring termasuk pelaksanaan PLS,” kata Wakasek Humas SMAN 1 Karawang, Asep Supriyadi saat diwawancarai di sekolahnya, Kamis (9/7/2020) pagi.

Meski demikian, Asep mengatakan pihaknya optimis pelaksanaan PLS secara daring akan berjalan lancar, meskipun sempat muncul ide pelaksanaan yang menginginkan pelaksanaan PLS dilaksanakan di sekolah dan dilakukan pershift dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Sebelumnya memang sempat ada wacana PLS dilakukan langsung di sekolah. Namun kita tidak mau ambil risiko dan tetap mengikuti anjuran pemerintah yang menginginkan dilakukan semuanya melalui daring, dan kita sudah persiapkan mekanisme pelaksanaan secara daringnya dan Insyaallah akan berjalan lancar,” kata Asep.

Lebih lanjut ia mengatakan, pelaksanaan PLS tersebut sangat penting bagi peserta didik baru, untuk mengenal wali kelasnya dan seluruh guru mata pelajaran, agar proses pembelajaran daring nantinya berjalan lancar.

“Setelah pembagian kelas dan penentuan wali kelas maka pelaksanaan PLS dilakukan melalui classroom ditiap-tiap kelas yang dipandu langsung oleh wali kelasnya masing-masing,” katanya.

“Karena itu penting juga bagi mereka untuk mengenal wali kelasnya dan guru mata pelajarannya, meskipun melalui online, paling tidak foto-fotonya diperlihatkan supaya mereka kenal jika melakukan pembelajaran daring,” katanya menambahkan.

Sejalan dengan itu, kata Asep, metode daring  akan tetap diterapkan pada seluruh program kegiatan sekolah mengikuti arahan pemerintah, sampai dengan diterapkannya pembelajaran tatap muka normal.

“Karena semua dilaksanakan secara daring, sehingga kita tidak akan ketemu langsung dengan anak-anak maupun orangtua siswa, Insya Allah nanti semua kegiatan dan program-program sekolah, dan juga kegiatan osis, semua serba daring, karena semua harus sesuai dengan anjuran dari pemerintah,” ucapnya.

“Semoga pandemi ini cepat berakhir, supaya kita tidak perlu lagi melaksanakan semuanya melalui daring, kita juga menginginkan agar semuanya kembali normal,” harapnya. (nji/fzy)