Beranda Headline Tahun Ini, PNS di Karawang Mau Kerja Sistem Shift

Tahun Ini, PNS di Karawang Mau Kerja Sistem Shift

TVBERITA – BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kabupaten Karawang mengusulkan sistem shift kerja untuk PNS di Karawang mulai tahun 2021.

Usulan ini diambil dari hasil evaluasi dan inspeksi mendadak ke beberapa instansi. Kebijakan kerja dari rumah atau WFH (Work from Home) tidak berjalan efektif. Kepala BKPSDM Asep Aang menuturkan, PNS tetap ngantor seperti biasa meski sedang jadwalnya melakukan WFH.

Ditambah, ada kewajiban PNS hadir ke kantor bila dibutuhkan pimpinan.

“Sistem shift pada dasarnya sama dengan kebijakan kerja dari rumah. Yaitu mengurangi kerumunan dan memutus mata rantai. Namun, kebijakan kerja dari rumah tidak berjalan efektif. Namun dengan sistem shift, volume kerja bisa dikurangi tanpa mengurangi efektivitas kerja,” tutur Asep Aang.

Secara teknis, nantinya sistem shift akan membagi dua jam kerja PNS. Shift pertama dari mulai jam 8 pagi sampai 12 siang. Dan shift kedua dari mulai jam satu siang sampai lima sore.

Mengenai aturan, Asep Aang menuturkan sistem kerja shift tidak berbenturan dengan aturan manapun. Sebab, edaran Menpan RB membolehkan PNS kerja dari rumah. Meski kerja dari rumah, para PNS tetap diberikan kewajiban absen dan melaporkan target kinerja ke grup WhatsApp perangkat daerah masing-masing. Begitupun dengan sistem kerja shift.

Dari data terakhir, PNS yang masih isolasi mandiri di rumah berjumlah 10 orang, masih perawatan 55 orang, meninggal dunia 5 orang, dan selesai isolasi atau sembuh berjumlah 175 PNS. Total 245 PNS yang terkonfirmasi positif Covid-19. (red)