Beranda News Tak Gunakan Helm, Operasi Patuh Lodaya Jaring Pengendara

Tak Gunakan Helm, Operasi Patuh Lodaya Jaring Pengendara

TVBERITA.CO.ID – Pelanggaran lalu lintas bagi pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm masih mendominasi penertiban lalu lintas, yang terjaring dalam Operasi Patuh Lodaya 2020 yang digelar jajaran Polres Purwakarta.

Dengan demikian, Satlantas Polres Purwakarta pun gencar melakukan penertiban pengendara terutama di jam sibuk seperti waktu pagi dan sore hari.

“Pada jam sibuk atau ramai kendaraan seperti sore ini, banyak kita temukan pengendara belum tertib berlalu lintas terutama pengendara yang tidak memakai helm,” ungkap Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan melalui Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Zanuar Cahyo Wibowo saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Selasa (28/7).

Selain itu, lanjut Bowo sapaan Kasat lantas, pelanggaran tidak membawa kelengkapan surat- surat kendaraan hingga tidak mengenakan masker saat berkendara pun masih ditemukan.

Hal itu menandakan, masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas terutama dalam menghadapi era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau kenormalan baru di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Selain kita lakukan penertiban terkait lalu lintas, kita temukan masih banyak yang tidak memakai masker dan itu terus kita sosialisasikan. Jika kedapatan tidak memakai masker, maka kita beri masker,” ujarnya.

Sekadar untuk diketahui, sejak dimulainya Operasi patuh lodaya 2020 pada tanggal 23/7/2020 lalu, hingga hari ini petugas sudah mengeluarkan ratusan surat tilang dan sekitar 40 persennya tidak memakai masker.

Meski tidak ada target capaian dalam operasi patuh lodaya 2020 ini, namun petugas akan melakukan penertiban semaksimal mungkin.

“Sampai kemarin itu kita sudah keluarkan sekitar 300 surat tilang, dan hari ini sudah lebih 70 surat tilang, dan itu akan terus bertambah,” katanya.

Dalam masa AKB, Bowo mengimbau masyarakat untuk tetap mengedepankan budaya tertib berlalu lintas, sehingga diharapkan masyarakat terbiasa dengan mematuhi aturan dan menjadikan budaya tertib sebagai kebutuhan.

“Karena jika kita sudah terbiasa tertib berlalu lintas dan terbiasa mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, maka nanti kita akan terbiasa memasuki era New Normal ini,” pungkas Bowo. (trg/fzy)