Beranda Bekasi Tingkatkan Kompetensi Guru, Asosiasi Dosen Dukung MGMP se-Kota Bekasi

Tingkatkan Kompetensi Guru, Asosiasi Dosen Dukung MGMP se-Kota Bekasi

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID – Sebagai bentuk Tri Dharma-nya, Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Bekasi Raya sangat mensuport kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris menggelar work shop dengan tema “ Pengembangan Bahan Ajar Dan Penyusunan Kisi-ksi Soal Hot Bahasa Inggris” Kamis (19/09/2019) bertempat di sekolah MTS Negri 1 Kota Bekasi.

 

Ketua ADI Bekasi Raya, Wawan Hermawansyah, menyambut baik dengan adanya kegiatan Workshop MGMP Bahasa Inggris se-Kota Bekasi.

“Dalam hal ini, dosen itu punya fungsi Tridarma bakti, salah satu darmanya itu adalah pengabdian dan penelitian kepada masyarakat,” ungkap Wawan Hermawansyah.

Menurutnya, dari sisi guru juga punya kesamaan, namun sosok guru ini lebih fokus kepada pengajaran. Sementara dosen-dosen di Kota Bekasi ini kan cukup banyak dengan kelas keilmuan beraneka ragam.

“Kami berharap, antara guru dan dosen ada sinergitas dalam peningkatan kompetensi guru melakukan pendidikannya kepada anak didik, sehingga, peran ADI ini bisa menjembatani sinergitas antara dosen dan para guru,” jelasnya.

Peran ADI, dikatakannya, bisa membantu guru-guru untuk meningkatkan kompetensinya. Tidak harus kuliah atau datang ke kampus.

“Sekarang dosen bisa masuk ke ranah guru dalam pengabdianny kepada masyarakat, sehingga dosen yang banyak bisa membantu meningkatkan kompetisi para guru sesuai bidangnya,” ungkapnya.

Seperti acara tadi, Wawan mencontohkan, guru memiliki MGMP kelompok keilmuan bahasa inggris, butuh pelatihan, sehingga peran ADI di sini memfasilitasi dosen yang sesui bidangnya dalam bahasa inggris untuk melakukan workshop.

Keuntungan antara para Dosen bekerjasama dengan Guru Madrasyah ini, akan ada tindak lanjutnya ke depan, jika dosen yang mengamati dari ADI bisa dievalusasi.

“Bukan satu hari selesai, jadi ada tindaklanjutnya, dosen tersebut bisa memantau perkembangan para guru dalam memberikan pendidikannya, dan ini perlu dipantau oleh ADI sampai kedepan, tujuannya agar para guru madrasah di Kota bekasi ini bisa lebih berkembang dan percaya diri dalam mendidik anak-anak didiknya,” tuturnya. (ais/kie)