Beranda Karawang Try Out Gagal Lagi, Para Kasek SMP Sepakat Tak Akan Bayar Eduprime

Try Out Gagal Lagi, Para Kasek SMP Sepakat Tak Akan Bayar Eduprime

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Peristiwa jebolnya server yang dikelola Eduprime sebagai penyedia jasa server untuk pelaksanaan Try Out (TO) akbar SMP se Kabupaten Karawang adalah insiden memalukan yang mewarnai dunia pendidikan Karawang. TO akbar yang digadang-gadang menelan anggaran ratusan juta rupiah tersebut, seharusnya bisa dilaksanakan secara lancar tanpa kendala. Namun, hingga hari kedua pelaksaanya, server masih belum bisa digunakan oleh siswa untuk mengerjakan soal melalui sistem daring.

Kepala SMPN 1 Karawang, H. Acam mengaku pasca hari pertama sistem eror, sejumlah Kepala Sekolah (kasek) berkumpul di sekolahnya untuk membicarakan permasalahan tersebut lebih jauh. Bahkan juga katanya telah mengundang perwakilan dari Eduprime untuk menjelaskan duduk permasalahan kenapa server jebol.

Baca juga: 174 SMP di Karawang Gagal Ikuti Try Out, Kerugian Ditaksir Hingga Ratusan Juta

“Katanya sih karena tidak kuat kapasitasnya,” singkat H. Acam saat diwawancarai di pada pelaksanaan TO hari kedua, Selasa (4/2/2020) pagi.

Akhirnya, ia melanjutkan, pertemuan tersebut menyepakati sejumlah keputusan salah satunya adalah tidak akan membayar uang try out jika di hari kedua jaringan server masih eror. Pada kesempatan itu, Acam menampik bahwa biaya TO yang bersumber dari bos itu sudah disetorkan.

“Jadi uang TO belum dibayarkan. Perjanjiannya kalau berjalan sukses dan lancar, ya bayar. Kalau gagal kayak sekarang, ya mana mau kami membayar. Kemarin juga kami sudah bicara, kalau gagal, kami mau menyampaikan ke disdik agar tidak menggunakan Eduprime lagi di tahun mendatang,” ungkapnya. (nji/kie)