Beranda Headline Tunda Kehamilan Selama Pandemi, Pemerintah Karawang Anjurkan Pakai Kondom

Tunda Kehamilan Selama Pandemi, Pemerintah Karawang Anjurkan Pakai Kondom

TVBERITA.CO.ID –¬†Sosialisasi terus digencarkan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga berencana (DPPKB) Karawang selama masa pandemi covid-19 belum dinyatakan berakhir. Salah satu kebijakan menetap di rumah untuk seluruh masyarakat selama pandemi ini dianggap tepat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Karawang.

Melalui Kabid KB, Solehudin yang diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (15/6/2020) pagi tadi, ia mengimbau kepada masyarakat agar pasangan suami istri menunda dulu kehamilanya di masa pandemi tersebut.

Pihaknya mengatakan langkah ini didorong karena Dinas PPKB mengkhawatirkan masyarakat yang sedang dalam mengandung (hamil) terpapar virus corona.

“Karena imun orang yang sedang hamil itu lemah,sehingga sangat rentan terpapar virus corona,” kata Solehudin.

Lebih jauh ia menjelaskan, kehamilan selama wabah virus ini bisa menyebabkan beberapa hal, termasuk penurunan daya tahan tubuh yang bisa mengakibatkan rentan terinfeksi virus Corona.

“Kalau bisa ketika masih dalam masa pandemi virus Corona, hamil ditunda dulu. Nanti mudah-mudahan kalau masa kritis ini sudah mereda, baru boleh-boleh saja,” ucapnya.

Sebagai langkah menekan kehamilan, Ia menyarankan suami istri menggunakan alat kontrasepsi ketika melakukan hubungan seksual seperti melalui alat atau metode kontrasepsi pil atau kondom.

“Ingat hamil muda itu rawan banyak keluhan, daya tahan tubuh saat hamil bisa menurun. Ibu-ibu bisa mual dan muntah. Untuk itu mending tahan dulu. Tetapi yang sudah mempunyai anak 2 atau 3 diharapkan tidak lagi menambah anak atau hamil. Dan diharapkan memakai kontrasepsi motode jangka panjang seperti IUD atau implan,” jelasnya.

Sementara, kenaikan angka kehamilan selama pandemi virus Corona capai 1 sampai 2 persen.

“Kenaikan angka kehamilan saat ini wajar-wajar saja,” tutupnya. (nji/fzy)