Beranda Headline Update Covid-19 Karawang: Satu Lagi Positif Reaktif di Pasar Johar

Update Covid-19 Karawang: Satu Lagi Positif Reaktif di Pasar Johar

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG – Satu orang terkonfirmasi positif reaktif dari hasil tes cepat Covid-19 di Pasar Johar Karawang, Rabu (13/5).

Tes cepat ini menggunakan rapid test. Dari 250 alat yang disiapkan, tercatat 196 pengunjung dan pedagang pasar yang mengikuti tes.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Karawang, Nanik Dodjana mengatakan, warga lebih antusias mengikuti tes ketimbang kemarin. “Semakin banyak yang ikut tes, semakin cepat Covid selesai. Semakin banyak warga yang menutup diri, kami tidak tahu kapan Covid selesai,” katanya.

Dinkes sudah menyiapkan alat tes swab bagi warga yang hasil tes rapidnya positif reaktif. “Dalam sehari, kami bisa mengolah 32 ekstrasi dan 96 pemeriksaan sampel Covid-19,” katanya.

Adapun untuk dua warga yang hasil tesnya positif reaktif di Pasar Baru kemarin, hasil swabnya belum keluar. “Ikut tesnya pagi ini, hasilnya keluar sore.”

Dinkes mengimbau, tidak semua yang positif reaktif dinyatakan positif Covid-19. “Asumsi masyarakat salah seolah-olah pada waktu itu di Karawang yang menderita Covid-19 seratus sekian. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Yang dinyatakan positif adalah yang (hasil) swabnya positif,” tutupnya. (fzy)