Beranda Bekasi Walikota Sidak Pantau Pelaksanaan PSBB

Walikota Sidak Pantau Pelaksanaan PSBB

TVBERITA.CO.ID, KOTA BEKASI – Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi pada pagi ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa Kelurahan, di antaranya Kelurahan Jatiranggon Kecamatan Jatisampurna, Kelurahan Jatiasih Kecamatan Jatiasih dan Kelurahan Pekayon Jaya Kecamatan Bekasi Selatan, Kamis (30/4/20).

Terpantau, pada wabah Covid-19 ini, pelayanan di kelurahan se-Kota Bekasi tetap melayani warga yang membutuhkan akan tetapi prosedur protokol kesehatan tetap diterapkan seperti physical distancing, menggunakan masker, masuk ke dalam bilik disinfektan jika di Kelurahan tersedia, dan mencuci tangan. Aparatur di kelurahan pun senantiasa untuk melayani, dengan berjaga di loket yang telah dibatasi dengan penutup dari plastik agar tidak terjadi tatap muka secara langsung. Ditambah menerangkan pelayanan secara online jika bisa dilakukan di rumah saja.

Sosialisasi terhadap warga juga telah diberlakukan oleh tiap ASN dan non ASN untuk tetap woro-woro dan menerapkan sistem di rumah saja dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sudah mewabah di Kota Bekasi. Tidak hanya di tiap kelurahan, pegawai yang berada di tiap dinas juga dikerahkan untuk membantu setiap wilayah dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tiap titik perbatasan dan juga melakukan cek suhu atau data diri di check point.

“Pada pandemi ini, ASN dan non ASN kita perdayakan kembali dengan tidak ada Work From Home (WFH), dengan lakukan sosialisasi kepada warga mengenai bahayanya virus Covid-19” kata Wali Kota.

Petugas Pemantau dan Monitoring (Pamor) Wilayah, disebut Wali Kota sebagai garda terdepan untuk melakukan sosialisasi ini, juga ditambah dengan pendistribusian paket sembako pemerintah Kota Bekasi yang telah terdata di tiap RT, RW dan Kelurahan di luar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk pendistribusiannya dilakukan oleh Petugas Pamor yang langsung ke rumah rumah warga.

“Jika sudah diberi sembako, ditempel stiker itu adalah sebagai tanda bahwa warga penerima paket sembako sudah memenuhi kriteria, jika memang belum dapat dengan bantuan dari Pemerintah Kota Bekasi, ada data DTKS yang akan dikirkm via Kantor Pos ke warga dari Bantuan sosial Provinsi Jawa Barat, dan kita juga sedang menunggu bantuan dari Pemerintah Pusat untuk warga. Harap bersabar,” ujar Wali Kota.

Pada pagi ini, Wali Kota juga menyempatkan memantau pemberlakuan perpanjangan PSBB di titik Sumber Arta, Kecamatan Bekasi Barat untuk memastikan petugas baik dari Pemerintah Kota Bekasi, Polres Metro Bekasi, dan Kodim 0507 Bekasi melakukan pengecekan pada warga yang melintas ke Kota Bekasi. (ais/fzy)