Beranda Karawang Panwas Telukjambe Timur Sosialiasi Pengawasan Partisipatif

Panwas Telukjambe Timur Sosialiasi Pengawasan Partisipatif

TVBERITA.CO.ID – Panwaslu Kecamatan Telukjambe Timur sosialisasi pengawasan partisipatif di Aula Desa Sukaharja Kecamatan Telukjambe Timur, Senin (30/11). Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar yang dihadiri oleh seluruh elemen masayarakat, dari mulai mahasiswa/pelajar sebagai pemilih pemula, aparatur pemerintahan desa Sukaharja, Camat Telukjambe Timur, Tokoh Agama dan Organisasi Masayarakat yang berada di Telukjambe Timur.

Kegaiatan bertema sosialisasi pengawasan partisipatif pada pemilihan bupati dan wakil bupati Karawang tahun 2020 pada masa pandemi Covid-19 tersebut, diisi oleh beberapa narasumber yang merupakan anggota Panwaslu Kecamatan Telukjambe Timur.

Irma Garwan, Ketua Panwaslu Kecamatan Telukjambe Timur menyatakan bahwa pengawasan partisipatif dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Karawang 2020 dimasa pandemi Covid-19 ini sangatlah penting, bahkan tidak hanya satu kali saja dalam melaksanakan sosialisasi ini. Hal tersebut berkaitan dengan wabah Covid-19, yang tentunya berdampak pada pembatasan diri terhadap tatap muka secara langsung.

“Tentunya ini pula turut berdampak pada kualitas penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Karawang, terutama Kecamatan Telukjambe Timur,” katanya.

Ditambahkan Irma, jika partisipasi dari peserta yang hadir sangat diperlukan dalam hal pengawasan, ini terkait dengan jumlah pengawas yang tidak sebanding dengan objek yang diawasi pada Pilkada Serentak 2020 ini.

“Ditambah dengan adanya regulasi baru yang muncul terkait dengan protokol kesehatan yang menjadi objek pengawasan dari pengawas pemilu juga,” ujarnya.

Sementara itu, materi yang disampaikan oleh beberapa anggota Panwaslu Kecamatan Telukjambe Timur terkait dengan fasilitas dan dukungan sekretariat dalam keagiatan pengawasan, bentuk partisipasi masayarakat dalam pengawasan dan potensi pelanggaran pada pemilihan kepala daerah seerentak tahun 2020 di masa Pandemi Covid-19, Penanganan Pelanggaran pada pilkada serentak 2020 di masa pandemi Covid-19. Materi ditutup dengan pemaparan terkait dengan tingkat partisipasi masayarakat dalam pengawasan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020 pada masa pandemi Covid-19. (rls)