Beranda Headline Alasan Kenapa Pria Lebih Mahir Baca Peta Dibanding Perempuan, Ini Penjelasannya! 

Alasan Kenapa Pria Lebih Mahir Baca Peta Dibanding Perempuan, Ini Penjelasannya! 

Peta
Ilustrasi Baca Peta (Foto: Istimewa/net.)

TVBERITA.CO.ID – Pernahkah kamu mendengar suatu anggapan bahwa perempuan kurang mahir membaca peta atau arah dibanding pria?

Ya, memang benar bahwa riset terdahulu menemukan hasil bahwa pria memiliki kemampuan spasial yang lebih baik dibanding perempuan karena adanya evolusi, di mana dahulu pria terbiasa dengan tugas berburu dan perempuan terbiasa dengan tugas memasak di rumah.

Namun, riset terbaru mengatakan bahwa hal ini bisa terjadi bukan karena evolusi, melainkan budaya yang membentuk pola asuh antara pria dan perempuan.

Baca juga: Metode Diet Orang Jepang Mampu Menuat Umur Panjang

Bagaimana penjelasan lebih lanjutnya? Berikut rangkumannya sebagaimana dilansir dari BBC!

Pria Hanya ‘Sedikit’ Lebih Baik daripada Perempuan dalam Kemampuan Spasial

Ternyata, hasil riset dari Justin Rhodes, profesor dari University of Illinois Urbana-Champaign dan rekan-rekan menyatakan, tidak ada bukti genetik yang menunjukkan keunggulan membaca arah dari jenis kelamin tertentu. Hasil ini didukung oleh riset terdahulu pada 11 spesies dengan membandingkan perbedaan jenis kelamin pada ukuran wilayah jelajah dan kemampuan spasialnya, dan menemukan bahwa memang tidak ada hubungan antara jenis kelamin dan kemampuan spasial.

Pria hanya sedikit lebih baik dalam membaca arah dibanding perempuan karena pola asuh yang terbentuk selama ini. Mungkin sering mengamati perbedaan pola asuh anak perempuan dan pria, anak pria cenderung lebih dibebaskan bermain jauh dan mengeksplorasi dibanding anak perempuan. Hal inilah yang dapat melatih kemampuan spasial pria, sehingga sedikit lebih baik dibanding kemampuan spasial perempuan.

Baca juga: The Raheem Story Vol 2: Ajang Healing bagi Perempuan yang Berjuang Sembuh dari Luka Batin

Kemampuan Spasial Bisa Dilatih

Lebih lanjut, Rhodes dan rekan-rekan peneliti juga berpendapat bahwa neuroplastisitas berperan dalam hal ini. Neuroplastisitas adalah kemampuan otak untuk selalu memperbarui kemampuan berdasarkan pengalaman kita. Semakin sering individu melakukan suatu tugas, makan semakin baik kemampuannya.

Jadi, jika merasa kurang mahir dalam membaca peta, hal ini bukanlah bawaan lahir, ya! Kalian bisa terus meningkatkan kemampuan spasial dengan terus berlatih sampai terbiasa. (*)