Beranda Headline 3 Buah Ini Cocok Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, GERD Dijamin Aman

3 Buah Ini Cocok Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, GERD Dijamin Aman

Penderita asam lambung
Ilustrasi Asam Lambung (Foto: Istock)

TVBERITA.CO.ID – Memiliki riwayat penyakit asam lambung tidaklah mudah. Kebiasaan pola makan yang salah bisa berujung asam lambung naik. Tak sedikit yang kebingungan saat hendak mengonsumsi buah. Mereka takut, buah yang dikonsumsi justru mampu memperburuk kondisi lambung.

Supaya nggak bingung lagi, berikut 3 buah yang baik untuk penderita asam lambung. Apa saja sih yang terkandung dalam 3 buah ini sehingga bisa membantu mengurangi terkena GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Baca juga: 7 Manfaat Bangun Pagi, Hidup Lebih Sehat dan Produktif

Pisang
Pisang
Pisang (Foto: Istock)

Pisang diklaim mampu menetralkan asam lambung lantaran mengandung rendah asam. Ketika dikonsumsi, buah ini akan melapisi lapisan esofagus yang teriritasi, melansir AARP.

Selain itu, pisang juga kaya akan pektin. Apa itu pektin? Sebuah serat larut yang membantu menjaga makanan mengalir dengan baik melalui saluran pencernaan. Pektin mampu memperlambat proses pengosongan pada lambung.

Baca juga: Manfaat dan Kelebihan Lakukan Olahraga di Malam Hari

Apel
Penderita asam lambung
Apel (Foto: Istock)

Siapa yang suka apel? Apel memang terkenal akan kandungan seratnya yang tinggi. Apel berukuran sedang atau setara 200 gram mengandung 5 gram serat.

Konsumsi makanan tinggi serat dapat meminimalisir masalah gangguan pencernaan seperti GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Penelitian dalam Journal of Research in Medical Sciences pun menjelaskan, konsumsi buah seperti apel dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena GERD.

Melon
Melon
Melon (Foto: Istock)

Buah dengan cita rasa manis ini kerap disebut makanan alkali. Maksudnya? Jenis makanan yang mengandung basa. Adapun yang termasuk makanan alkali adalah makanan tinggi air, kalsium, kalium, dan fosfor.

Johns Hopkins Medicine menuturkan, makanan yang mengandung basa dan bagus untuk penderita GERD adalah melon.

Baca juga: Manfaat Kacamata Anti Radiasi, Cocok Untuk Aktivitas Depan Layar

Merujuk FoodData Central, 1 melon kecil (441 gram) mengandung 1.180 mg kalium, 39,7 mg kalsium, dan 66,2 mg fosfor. Sementara untuk kandungan airnya sebesar 90 persen, melansir Healthline.

Itulah ketiga buah yang aman untuk dikonsumsi oleh kalian khususnya penderita asam lambung. Meski aman, pastikan mengonsumsi dalam porsi yang sewajarnya. (*)