Beranda Health 4 Tips Cara Atasi Rasa Cemas yang Timbul Pada Diri Kita

4 Tips Cara Atasi Rasa Cemas yang Timbul Pada Diri Kita

Rasa cemas
Cara Atasi Rasa Cemas (Foto: Istimewa/net.)

TVBERITA.CO.ID – Cemas merupakan respon yang diberikan oleh tubuh ketika seseorang dihadapkan oleh kondisi yang membuat dirinya merasa tidak nyaman.

Rasa cemas yang timbul secara tiba-tiba ini memang sulit untuk dihindari, namun apabila tidak segera ditangani dikhawatirkan akan memperburuk kesehatan mental dan dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisik.

Ya, apabila tidak segera ditangani cemas ini bisa menyebabkan masalah pencernaan, mengganggu sistem saraf, meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, hingga melemahkan sistem imun seseorang.

Baca juga: 7 Manfaat Bangun Pagi, Hidup Lebih Sehat dan Produktif

Apabila tidak ingin hal ini terjadi kepadamu, yuk, simak cara atasi cemas di bawah ini!

Hindari Konsumsi Kafein

Buat kamu yang biasa mengonsumsi kafein, maka saat tengah cemas cobalah untuk menghindari kafein. Pasalnya, kafein bisa memperburuk rasa cemas yang kamu rasakan.

Ya, mengonsumsi kafein bisa membuat seseorang merasa gelisah, terlebih apabila kafein dikonsumsi secara berlebihan. Alih-alih mengonsumsi kafein, kamu bisa mengonsumsi minuman yang bisa meredakan rasa cemas, seperti teh hijau.

Teh hijau tinggi akan akan kandungan asam amino. Penting untuk diketahui asam amino bisa menenangkan tubuh.

Menarik Nafas Dalam-dalam

Langkah yang mudah untuk diterapkan ketika kamu tengah cemas adalah dengan menarik napas dalam-dalam. Cara ini diketahui dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Lantas, bagaimana caranya? Kamu bisa menarik napas selama empat detik, lalu tahan napasmu selama tujuh detik, dan terakhir lepaskan napasmu perlahan-lahan.

Tak hanya membuat tubuh menjadi rileks, menarik napas dalam-dalam juga bisa membuat saraf yang menyebabkan rasa cemas timbul perlahan-lahan hilang.

Baca juga: Manfaat dan Kelebihan Lakukan Olahraga di Malam Hari

Perhatikan Konsumsi Makanan

Sama seperti minuman yang kamu minum, lebih atentif terhadap apa yang kamu konsumsi juga bisa membantu mengurangi rasa cemasmu.

Pasalnya, apabila kamu mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh serta gula tambahan bisa meningkatkan resiko kecemasan.

Apabila tidak ingin rasa cemas semakin parah, maka kamu bisa konsumsi buah alpukat dan bluberi. Kamu juga bisa konsumsi kacang almond untuk meredakannya.

Positive Self Talk

Kamu bisa mencoba untuk melakukan positive self talk. Positive self talk adalah berbicara tentang hal-hal yang baik kepada diri sendiri. Langkah ini diketahui bisa membuat diri kamu merasa jauh lebih tenang.

Positive self talk juga bisa membuat seseorang merasa percaya diri dalam menghadapi rasa cemas. (*)