Beranda Health 4 Tips Mengatasi Susah Tidur Karena Cemas, Berikut Penjelasannya

4 Tips Mengatasi Susah Tidur Karena Cemas, Berikut Penjelasannya

Tips mengatasi tidak bisa tidur
Ilustrasi Insomnia (Foto: Istock/net.)

TVBERITA.CO.ID – Selain mengganggu produktivitas, rasa cemas sering kali juga membuat seseorang yang mengalaminya tidak bisa tidur pada malam hari.

Kecemasan sebenarnya merupakan hal yang normal dan dapat dialami oleh setiap orang. Namun, jika kecemasan sudah menyebabkan gangguan tidur maupun masalah kesehatan lainnya, Anda perlu segera mencari solusinya.

Salah satu dampak paling umum dari rasa cemas yang berlarut-larut adalah sulit tidur. Ini karena ketika Anda cemas, otak Anda akan berada dalam mode fight-or-flight.

Baca juga: 4 Tips Turunkan Kolesterol dengan Olahan Daun Salam

Hal tersebut menyebabkan peningkatan detak jantung, sesak napas, hingga ketegangan otot. Kondisi inilah yang membuat tubuh Anda sulit untuk rileks dan tertidur.

Kecemasan dan masalah tidur memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Saat Anda tidak bisa tidur karena cemas, kecemasan tersebut bisa bertambah besar pada keesokan harinya.

Meski awalnya hanya membuat Anda sulit tidur, kecemasan yang tidak segera diatasi juga bisa meningkatkan risiko insomnia. Itulah sebabnya kecemasan identik sebagai salah satu gejala insomnia.

Baca juga:  3 Tips Sederhana Manajemen Waktu Agar Lebih Efektif dan Teratur

Berikut ini adalah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecemasan menjelang waktu tidur, mulai dari perawatan rumahan hingga melibatkan bantuan profesional.

1. Buat jadwal tidur

Membuat jadwal tidur merupakan salah satu langkah awal agar Anda bisa memiliki waktu tidur yang cukup. Maka, usahakan untuk selalu tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya.

Saat membuat jadwal tidur, pastikan bahwa kebutuhan waktu tidur malam selama minimal tujuh jam setiap hari dapat terpenuhi.

2. Buatlah suasana kamar tidur Anda senyaman mungkin

Kondisi kamar yang tidak nyaman bisa meningkatkan stres dan kecemasan sebelum tidur.

Jadi, buatlah suasana kamar tidur Anda senyaman dan setenang mungkin sehingga tubuh Anda cepat merasa rileks dan mudah terlelap.

Baca juga: Tips Menghilangkan Bekas Jerawat di Pipi Secara Alami, Lakukan 5 Cara ini !

Selain dengan mengatur pencahayaan, Anda juga bisa menyesuaikan suhu kamar dan memilih kasur yang tepat agar suasana tempat tidur menjadi lebih nyaman.

3. Lakukan teknik relaksasi

Kecemasan cukup erat kaitannya dengan stres. Saat stres, Anda bisa mengatasinya dengan menerapkan teknik relaksasi.

Relaksasi dapat dilakukan dengan berbagai hal, mulai dari mendengarkan musik untuk gangguan tidur, meditasi sebelum tidur, hingga melakukan teknik pernapasan.

Baca juga: 8 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Bagi Anak Muda

Lakukan berbagai teknik relaksasi tersebut secara rutin untuk mengatasi tidak bisa tidur karena cemas.

4. Rutin olahraga

Cara lain untuk mengatasi tidak bisa tidur karena cemas adalah dengan rutin berolahraga. Mengutip situs Kementerian Kesehatan RI, reaksi tubuh saat olahraga menyerupai reaksi tubuh saat menghadapi stres.

Dengan rutin berolahraga, tubuh Anda akan belajar untuk menghadapi reaksi tersebut sehingga Anda bisa mengatasi stres dengan lebih baik.

Baca juga: 5 Manfaat Air Ketumbar dan Cara Membuatnya

Wajar bagi setiap orang untuk mengalami kecemasan. Namun, jika rasa cemas sudah menyebabkan sulit tidur atau insomnia, penting untuk segera mencari solusinya.

Jangan pernah menyepelekan kurang tidur di malam hari karena kondisi ini juga bisa memperburuk kesehatan fisik dan mental Anda secara keseluruhan. (*)