Beranda Headline 8 Manfaat Konsumsi Telur Puyuh, Si Kecil yang Kaya Nutrisi

8 Manfaat Konsumsi Telur Puyuh, Si Kecil yang Kaya Nutrisi

Manfaat konsumsi telur puyuh
Telur puyuh dikenal memiliki kaya nutrisi. Foto: dok. Istimewa

TVBERITA.CO.ID – Berikut adalah manfaat rutin konsumsi telur puyuh. Meskipun memiliki ukuran kecil, telur puyuh ternyata mengemas sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beragam manfaat yang dimiliki saat konsumsi telur puyuh untuk kesehatan tubuh manusia.

Berikut 8 manfaat konsumsi telur puyuh:

1. Kaya Nutrisi

Meskipun kecil, telur puyuh kaya akan nutrisi. Ia mengandung protein berkualitas tinggi, vitamin B kompleks (termasuk vitamin B12 yang penting untuk kesehatan saraf), vitamin D, fosfor, zat besi, dan selenium.

Baca juga: Selain Cegah Penuaan Dini, Ternyata Ceker juga Kaya Manfaat, Berikut Penjelasannya

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Telur puyuh mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang terkait dengan kesehatan mata yang baik. Kedua senyawa ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan degenerasi makula, serta menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan omega-3 dalam telur puyuh dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena menurunkan kadar trigliserida dalam darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Manfaat konsumsi telur puyuh
Ilustrasi ternak telur puyuh. Foto: dok. Istimewa

4. Membantu Pembentukan Tulang

Kandungan fosfor dalam telur puyuh mendukung kesehatan tulang dan gigi dengan membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan struktur tulang.

Baca juga: Tips Aman Minum Kopi Buat Penderita Asam Lambung

5. Menjaga Kesehatan Otak

Nutrisi dalam telur puyuh, seperti vitamin B12 dan zat besi, berperan penting untuk optimalisasi fungsi otak. Konsumsi telur puyuh juga dapat membantu kita menjaga kognisi dan mencegah risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan protein, vitamin, dan mineral dalam telur puyuh dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut lho. Protein dalam telur puyuh membantu memperbaiki jaringan kulit dan rambut yang rusak, sementara vitamin dan mineralnya mendukung pertumbuhan dan kekuatan struktural.

Baca juga: Kreatif, Pria di Karawang Manfaatkan Limbah Daun dan Kayu Jadi Karya Seni

7. Pilihan Protein Sehat

Telur puyuh merupakan sumber protein yang sehat dan rendah lemak, membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk memenuhi kebutuhan protein harian tanpa menambah banyak lemak jenuh.

8. Bisa Dikonsumsi dalam Berbagai Cara

Telur puyuh dapat dimasak dengan berbagai cara, termasuk direbus, digoreng, atau ditambahkan menjadi topping suatu makanan. Kemampuannya untuk disesuaikan dengan berbagai hidangan membuatnya menjadi pilihan yang fleksibel untuk berbagai macam resep.

Jadi jangan salah, meskipun ukurannya kecil telur puyuh adalah makanan dengan sumber nutrisi yang kuat dan memiliki beragam manfaat kesehatan. (*)