Beranda Headline Ada Temuan Kasus Difteri, Dinkes Karawang Ajak Warga Imunisasi Rutin Bayi

Ada Temuan Kasus Difteri, Dinkes Karawang Ajak Warga Imunisasi Rutin Bayi

Dinkes karawang penyakit difteri
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Yayuk Sri Rahayu mengajak warga untuk rutin imunisasi bayi agar terhindar dari penyakit difteri.

KARAWANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang ajak warga untuk cegah penyakit difteri dengan mengimunisasi anak di bawah 2 tahun.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Yayuk Sri Rahayu menyampaikan, difteri adalah penyakit menular yang menyerang sistem pernapasan atas dan tenggorokan.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang dapat menular melalui udara atau air liur dari batuk dan bersin penderita difteri.

Baca juga: Satu Warga Karawang Terinfeksi Cacar Monyet, Dinkes Lakukan Tracing, Ini Hasilnya…

“Dapat dicegah dengan imunisasi, difteri bisa mematikan kalau tidak diberi pertolongan dengan cepat,” ujarnya saat diwawancarai pada Jum’at, 1 Desember 2023.

Yayuk menjelaskan, untuk mendeteksi penyakit ini ada 2 cara, menggunakan pemeriksaan klinis dan pengecekan laboratorium.

Secara klinis, ciri-ciri penyakit difteri adalah pembesaran dileher, kemudian muncul membran berwarna putih keabu-abuan ditenggorokan dan rapuh ketika tersentuh akan berdarah.

“Bayi dan anak dibawah umur 2 tahun harus diimunisasi, selain itu difteri juga bisa menular ke orang dewasa,” jelasnya.

Di Karawang sendiri, kata Yayuk ditemukan 2 kasus positif difteri dan 6 suspek. Beruntungnya 2 anak tersebut saat ini sudah sembuh dan terselamatkan.