Beranda Headline Jangan Sepelekan, Ini 4 Bahaya Fatal Jika Sering Menahan Bersin

Jangan Sepelekan, Ini 4 Bahaya Fatal Jika Sering Menahan Bersin

Bahaya menahan bersin
Ilustrasi menahan bersin. (Foto: ist)

TVBERITA.CO.ID – Bersin adalah hal alami yang terjadi pada setiap manusia. Namun, adakalanya kita menahan bersin untuk menjaga kenyamanan orang sekitar saat berada di lingkungan umum.

Tahukah kalian, pada 1 Desember 2023 lalu BMJ Case Report di Dundee, Inggris melaporkan, seorang pria menahan bersin dan mengakibatkan tenggorokannya sobek.

Saat bersin dengan keadaan lubang hidung dan mulut tertutup, tekanan yang terbentuk di saluran udara bagian atas bisa melebihi 20 kali lipat dari tekanan saat bersin biasa (tanpa ditutup).

Baca juga: Hati-hati, 5 Penyakit Ini Paling Sering Muncul Saat Musim Hujan

Dalam kasus pria tersebut, tekanan yang terjadi sangat besar sehingga menyebabkan robekan kecil ukuran 0,08 inci kali 0,08 inci (2 x 2 milimeter) di tenggorokannya.

Melansir dari situs Alodokter milik Kemenkes RI, menahan bersin bisa menyebabkan beberapa risiko (bahaya) berikut.

1. Gangguan Pendengaran

Saat seseorang hendak bersin, tekanan udara di hidung, tenggorokan dan tuba eustachius di dekat telinga akan meningkat. Jika udara tersebut tidak dikeluarkan melalui bersin, tekanan udara yang tinggi dalam rongga kepala bisa tertahan dan dapat memicu gangguan pendengaran.

Kondisi ini bisa sembuh dalam beberapa hari atau minggu. Namun dalam kasus yang parah, menahan bersin bisa menyebabkan luka pada gendang telinga, sehingga perlu ditangani dengan pertolongan pembedahan.

Baca juga: Sering Disepelekan, Ketahui Penyebab, Gejala dan Tips Mencegah Penyakit ISPA

2. Infeksi

Fungsi bersin adalah membersihkan dan mengeluarkan berbagai benda asing seperti bakteri atau virus yang ada dalam hidung. Ketika seseorang sering menahan bersin, benda-benda asing tersebut akan mengendap dalam saluran pernapasan sehingga bisa menimbulkan infeksi.

Pada kasus tertentu, infeksi bisa menyebar dari hidung hingga ke telinga (karena masih satu saluran).

3. Cidera Hidung, Mata dan Gendang Telinga

Jangan dianggap remeh, menahan bersin bisa membuat pembuluh darah yang terletak disekitar mata, hidung dan gendang telinga berisiko pecah.

Cidera ini bisa menimbulkan gejala berupa bintik-bintik merah pada mata, mimisan atau bahkan keluar darah dari gendang telinga.

Baca juga: Kenali 5 Tanda Gula Darah Kita Sedang Tinggi, Yuk Simak

4. Cidera Diafragma

Diafragma adalah jaringan otot yang memisahkan antara dada dan perut. Perannya penting dalam proses pernapasan seperti batuk, muntah dan bersin. Meskipun cidera jenis ini jarang terjadi, kondisi ini sangat berbahaya karena dapat mengganggu sistem pernapasan.

Selain itu, bahaya menahan bersin juga berisiko mengakibatkan cidera pada tenggorokan sehingga menyulitkan seseorang untuk berbicara dan menelan makanan.

Pada kasus yang lebih parah, menahan bersin bisa menyebabkan pecahnya aneurisma otak dan cidera pada tulang rusuk. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak perlu menahan-nahan bersin agar terhindar dari cidera dan luka yang berbahaya. (*)