Beranda Health Khasiat Luar Biasa Ikan Tongkol yang Disebut Plt Bupati Karawang Ampuh Cegah...

Khasiat Luar Biasa Ikan Tongkol yang Disebut Plt Bupati Karawang Ampuh Cegah Stunting

Ikan tongkol untuk stunting
Nelayan memanen tangkapan ikan tongkol. (Foto: istimewa)

KARAWANG – Plt Bupati Karawang, Aep Syaepuloh mengajak warga rutin mengkonsumsi ikan, terutama ikan tongkol. Selain kaya manfaat, ikan tongkol juga berkhasiat mencegah stunting.

“Kandungan omega di dalam ikan itu sangat tinggi, bahkan saya pernah mendengar pernyataan profesor Nestle, kandungan omega ikan terbaik itu adalah ikan tongkol,” ujar Aep dalam kegiatan Hari Ikan Nasional di Dinas Perikanan Karawang, Kamis, 30 November 2023.

Aep bilang, mayoritas penderita stunting di Karawang kebanyakan dari wilayah perkotaan dibanding masyarakat pesisir.

Baca juga: Plt Bupati Karawang Ingatkan Setiap OPD Jangan Ogah-ogahan Tangani Stunting

Alasannya, masyarakat pesisir terbiasa mengkonsumsi ikan, sehingga lebih sehat dan terhindar dari stunting.

“Orang pesisir kita itu jarang yang kena stunting, alasannya karena mereka sering makan ikan, sementara orang wilayah perkotaan kebanyakan malas makan ikan, mereka lebih sering makan makanan siap saji,” bebernya.

Khasiat ikan tongkol
Ikan tongkol untuk stunting
Foto: ilustrasi ikan tongkol yang disebut bermanfaat untuk cegah stunting. (Ist)

Berbicara soal ikan tongkol, selain harganya murah, ternyata ikan tongkol juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Simak manfaat ikan tongkol sebagai berikut:

1. Kaya akan Protein

Ikan tongkol adalah sumber protein memiliki sumber protein yang sangat baik. Protein diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam proses metabolisme.

Baca juga: Kreatif, Pria di Karawang Manfaatkan Limbah Daun dan Kayu Jadi Karya Seni

2. Asam Lemak Omega-3

Kandungan omega 3 dalam ikan tongkol membantu meningkatkan kesehatan jantung. Asam lemak ini terbukti mengurangi risiko penyakit jantung, mengatur tekanan darah dan meningkatkan fungsi kognitif.

3. Sumber Vitamin dan Mineral

Ikan tongkol juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting seperti vitamin B13, selenium dan niacin. Vitamin B12 diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan fungsi saraf yang optimal, sedangkan selenium dan niacin berperan dalam menjaga kesehatan sel dan metabolisme.

4. Membantu Kesehatan Otak

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan tongkol juga berperan penting dalam perkembangan otak dan fungsi kognitif. Konsumsi ikan tongkol secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan dan kecerdasan otak.

5. Makanan Rendah Merkuri

Ikan tongkol biasa memiliki kandungan merkuri yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa jenis ikan besar lainnya. Ini membuat ikan tongkol menjadi pilihan yang lebih aman untuk dikonsumsi secara teratur tanpa takut terkena risiko banyaknya paparan merkuri.

Ikan tongkol menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan memasukkan ikan tongkol ke dalam pola makan yang seimbang dapat memberikan kontribusi besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Perhatikan keberagaman sumber protein yang dikonsumsi, ikan tongkol bisa menjadi pilihan yang sehat dan bergizi. (*)