Beranda Health Menurut Studi, Wasabi Memiliki Kemampuan Tingkatkan Daya Ingat

Menurut Studi, Wasabi Memiliki Kemampuan Tingkatkan Daya Ingat

Wasabi
Wasabi Memiliki Kemampuan Dalam Meningkatkan Daya Ingat (Foto: Istimewa/net.)

TVBERITA.CO.ID – Ada kabar baik, nih, untuk kamu yang suka makan sushi. Pasalnya, sebuah studi ungkap bahwa wasabi memiliki kemampuan dalam meningkatkan daya ingat.

Studi baru dari Universitas Tohoku Jepang ini menunjukkan bahwa wasabi bisa meningkatkan daya ingat jangka pendek dan jangka panjang.

Meskipun tim peneliti mengetahui bahwa wasabi dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan seperti sifat antibiotik, antikanker, dan antiinflamasi, mereka terkejut setelah melihat perubahan dramatis dalam kognisi partisipan.

Baca juga: Manfaat Kacamata Anti Radiasi, Cocok Untuk Aktivitas Depan Layar

“Peningkatan yang terjadi sangat besar,” kata penulis studi, Rui Nouchi, seperti yang telah dilansir dari New York Post.

Para peneliti mengamati 72 orang dewasa sehat berusia di atas 60 tahun yang secara acak diberi plasebo atau suplemen yang mengandung 6-MSITC, senyawa bioaktif dalam wasabi yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang meningkatkan otak.

“Fungsi-fungsi ini penting untuk meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua,” ungkap penelitian tersebut.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients ini membandingkan kinerja kognitif peserta sebelum dan sesudah percobaan yang berlangsung selama 12 minggu.

Kelompok yang mengonsumsi 6-MSITC menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kinerja kerja dan memori episodik.

Baca juga: 4 Jenis Kopi Terpopuler di Dunia, Cocok Untuk Temani Harimu

Meskipun tidak ada perbaikan yang terlihat pada bidang kognisi lainnya, kelompok tersebut memperoleh skor fungsi otak sekitar 14 persen lebih tinggi dibandingkan kelompok plasebo.

Suplemen tersebut mengandung 100 mg ekstrak wasabi yang diperoleh dari akar tanaman Wasabia japonica yang berasal dari Jepang. (*)