Beranda Headline Seorang Anak di Purwakarta Idap Penyakit Polio, Dinkes Bilang Begini

Seorang Anak di Purwakarta Idap Penyakit Polio, Dinkes Bilang Begini

Anak polio di purwakarta
Ilustrasi polio. (Istimewa)

PURWAKARTA – Seorang anak berusia 4 tahun di Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta terkonfirmasi mengidap penyakit polio.

Hal itu dibenarkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Purwakarta atas temuan kasus penyakit polio pertama di daerahnya.

“Jadi berdasarkan hasil pemeriksaan lab yang kami dapatkan pada Selasa (14/3/2023), ada satu kasus dengan polio positif di anak usia 4 tahun,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Purwakarta, Eva Lystia Dewi, Rabu (22/3/2023).

Baca juga: Kisruh Kegiatan Beribadah di Purwakarta, MUI dan Muspika Temui Masyarakat

Eva mengungkapkan, kondisi sang anak penderita penyakit polio dalam kondisi membaik atau tidak adanya keluhan akut.

“Tidak ada demam dan penyakit lainnya saat ini, namun memang ada kelemahan di kedua tungkainya,” katanya.

Diketahui, sang anak penderita penyakit polio ini tidak menerima imunisasi sejak awal kelahiran.

Bahkan anak ini sudah teridentifikasi positif polio sejak usia 2 tahun, namun baru dikonfirmasi positif pada usia 4 tahun.

“Jadi memang saat pandemi Covid-19 di tahun 2020 dan 2021 pencapaian imunisasi di Kabupaten Purwakarta menurun.

“Kami biasanya bisa mencapai target 100 persen, pada saat pandemi itu hanya 95 persen. Sang anak yang terkonfirmasi polio itu ternyata memang tidak mendapatkan imunisasi,” ucap Eva melansir Kompas.com.

Baca juga: Bupati Purwakarta Sesalkan Anak Pedangdut Lilis Karlina Jadi Bandar Narkoba

Supaya kasus polio tidak menyebar di wilayah Kabupaten Purwakarta, Eva mengatakan, Dinkes Purwakarta akan melakukan surveilans di sekitar lingkungan dari anak yang terkonfirmasi polio.

“Kami akan lakukan surveilans dengan mengambil sampel-sampel kepada orang yang pernah berkontak langsung dengan sang anak yang saat ini dalam proses. Kemudian kami juga akan fokus memutus mata rantai penularan,” ucapnya.

Untuk memutus mata rantai penularan penyakit polio, Eva mengatakan, pihaknya akan melakukan Outback Respond Immunization (ORI).

“Jadi nanti kami akan melakukan ORI atau lakukan imunisasi terhadap anak di usia 0 hingga 59 bulan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Purwakarta pada 28 Maret 2023 mendatang,” kata Eva. (*)