Beranda Health Tips Agar Terhindar Timbul Jerawat di Malam Hari

Tips Agar Terhindar Timbul Jerawat di Malam Hari

Jerawat
Ilustrasi Bercermin (Foto: Istock)

TVBERITA.CO.ID – Malam hari adalah waktu yang penting bagi kita untuk merawat wajah agar tetap bebas jerawat. Pasalnya, kebiasaan yang kita lakukan di malam hari, dapat berdampak besar pada kesehatan kulit kita.

Menemukan jerawat timbul pada pagi hari setelah bangun tidur, pasti dapat membuatmu badmood. Terlebih lagi, jerawat dapat mengganggu penampilan kamu.

Untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan ini, mari kita mulai menerapkan kebiasaan perawatan wajah di malam hari agar kulit kita terhindar dari jerawat!

Baca juga: Manfaat Menghirup Aroma Kopi Bagi Kesehatan, Tingkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Gunakan Handuk Bersih untuk Keringkan Wajah

Setelah mencuci wajah dengan sabun atau setelah mandi, biasanya wajah akan menjadi basah. Beberapa orang mungkin memilih untuk membiarkan air meresap ke dalam kulit, sementara yang lain mungkin ingin segera menggunakan skincare sehingga mereka mengelap wajah mereka.

Dalam situasi ini, pastikan untuk menggunakan handuk yang bersih untuk mengeringkan wajah. Lebih disarankan lagi, gunakan tissue bersih, dan pastikan untuk menarik tissue yang kedua, karena pada tarikan pertama, tissue mungkin sudah terkena kotoran.

Ganti Sarung Bantal Rutin

Banyak yang tak sadar bahwa sarung bantal yang kotor dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Maka dari itu, penting untuk mengganti sarung bantal minimal satu kali seminggu.

Tak masalah jika hanya mengganti sarung bantalnya saja, alih-alih dengan spreinya. Kamu bisa mengganti sprei minimal dua minggu sekali.

Disarankan kamu menggunakan sarung bantal berbahan silk atau berbahan sutra. Dilansir dari Wederm, bahan tersebut memiliki daya serap yang lebih sedikit dan tidak menghilangkan minyak dari wajah.

Baca juga: Manfaat Minum Teh Sereh di Pagi Hari, Ini Penjelasannya

Gunakan Produk Skincare yang Cocok

Agar wajah bebas jerawat, perawatan kulit dengan menggunakan produk skincare sangatlah penting, terutama bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, sensitif, atau cenderung berjerawat.

Penting untuk memilih produk dan bahan skincare yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Penggunaan skincare yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit dapat menjadi tidak efektif bahkan dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Pastikan untuk tidak mencampurkan bahan aktif yang berpotensi menimbulkan jerawat, seperti retinol dengan vitamin C, AHA/BHA dengan retinol, Glycolic Acid dengan Azelaic Acid, dan sebagainya. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya reaksi yang tidak diinginkan pada kulit wajah.

Double Cleansing

Beraktivitas seharian di luar ruangan, pasti membuat wajah kita penuh dengan kotoran. Maka dari itu, penting untuk melakukan double cleansing, apalagi jika kamu menggunakan makeup.

Double cleansing dengan menggunakan makeup remover kemudian dilanjut dengan penggunaan sabun cuci muka, dapat bermanfaat bagi kulit. Tak hanya membersihkan secara mendalam sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah. Namun, juga membantu skincare lebih menyerap ke dalam kulit.

Pastikan melakukan kebiasaan malam hari di atas ya, agar wajahmu terbebas dari jerawat. Semoga informasi ini membantu! (*)