Beranda Hiburan 3 Makanan Indonesia Masuk dalam Pancake Terbaik Dunia Versi TasteAtlas

3 Makanan Indonesia Masuk dalam Pancake Terbaik Dunia Versi TasteAtlas

TasteAtlas
3 Pancake Indonesia Kelas Dunia

TVBERITA.CO.ID – TasteAtlas, situs kuliner yang kerap mengulas kuliner di berbagai dunia belum lama ini merilis daftar pancake atau panekuk terbaik di dunia. Menurut KBBI, panekuk adalah penganan dadar yang dibuat dari tepung terigu, gula, dan telur, diolesi selai atau pasta cokelat, lalu dilipat atau digulung.

Menariknya dari 50 panekuk yang masuk, tiga di antaranya berasal dari Indonesia. Serabi berada di posisi ke-23, setelah itu dadar gulung, dan kue ape menempati posisi ke-27.

“Ini adalah pancake yang memiliki peringkat terbaik di dunia, peringkat terbaru. Apa jenis pancake favoritmu?” tulis akun Instagram @tasteatlas.

Baca juga: 8 Manfaat Konsumsi Telur Puyuh, Si Kecil yang Kaya Nutrisi

TasteAtlas
Serabi (Foto: Istimewa/net.)

Mengutip situs TasteAtlas, serabi adalah camilan yang populer di seluruh Pulau Jawa. Ini merupakan panekuk tradisional Indonesia, biasanya dibuat dengan tepung beras dan santan atau kelapa parut.

Serabi memiliki ukuran kecil dan sangat serbaguna karena tersedia dalam versi manis dan gurih. Untuk versi manisnya, serabi dapat ditambahkan dengan gula, pisang, kacang tumbuk, nangka, taburan coklat, atau oncom yang difermentasi. Untuk versi gurihnya, ada juga tambahan seperti daging, sosis, atau es krim yang mungkin sering ditemui.

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan

Serabi sendiri bisa kita temukan dengan mudah di Pulau Jawa, camilan ini cukup populer di kota Bandung dan Solo. Untuk cara penyajiannya, serabi biasa disajikan dengan sirup kinca, yang berasal dari bahan dasar seperti stroberi, durian, atau kelapa. Serabi juga termasuk sebagai jajanan kaki lima.

TasteAtlas
Dadar Gulung (Foto: Istimewa/net.)

Ada juga dadar gulung. Ini merupakan camilan yang terbuat dari tepung terigu yang dicampur telur, kemudian digoreng dalam bentuk yang tipis dan rata, diisi dengan kelapa parut dan gula, lalu digulung.

TasteAtlas juga menyebutkan salah satu ciri khas dari dadar gulung adalah adonannya yang dicampur dengan daun pandan, yang tidak hanya memberikan aroma khas namun juga menambahkan warna hijau cerah pada pancake. Namun, di era modern ini, sering kali pewarna makanan hijau digunakan sebagai pengganti daun pandan.

Baca juga: 6 Makanan Khas Pangandaran, Hidangan Laut Jadi Primadona

Selain di Indonesia, makanan penutup yang penuh warna dan menarik ini juga dapat ditemukan dengan berbagai nama di Malaysia, Singapura, dan Sri Lanka.

TasteAtlas
Kue Ape (Foto: Istimewa/net.)

Terakhir adalah kue ape. Kue ape juga dikenal sebagai serabinya Jakarta. Camilan ini dibuat dari adonan terigu, tepung beras, dan gula pasir, biasanya diberi tambahan pasta pandan untuk memberi aroma wangi dan air perasan daun suji dan pandan sebagai pewarna alami.

Baca juga: 5 Makanan Khas Sunda yang Memiliki Rasa Otentik dan Lezat

Kue ape biasanya renyah di bagian tepinya, sedangkan bagian tengahnya tetap lembut. Adonannya juga sering dicampur dengan pandan, yang memberi warna hijau khas pada kue ini. Hidangan ini biasanya disiapkan dan dijual oleh pedagang kaki lima yang berlokasi di pusat jajanan dan pasar kaki lima. (*)