Beranda Hiburan Tanpa Kue Tart, 5 Negara Ini Punya Hidangan Sendiri Saat Ulang Tahun

Tanpa Kue Tart, 5 Negara Ini Punya Hidangan Sendiri Saat Ulang Tahun

Ulang tahun
Hidangan Perayaan Ulang Tahun (Foto: Istimewa/net.)

TVBERITA.CO.ID – Perayaan ulang tahun dirayakan meriah dan berbeda di setiap negara. Seperti lima negara ini yang rayakan ulang tahun tanpa kue.

Bukan hanya kue tart saja yang jadi menu utama saat perayaan ulang tahun. Di berbagai negara hidangannya cukup beragam ada sup rumput laut puding nasi.

Perayaan ulang tahun identik dengan kue tart atau cake yang meriah dengan lilin di atasnya. Tapi di beberapa negara, ultah justru dirayakan dengan makanan yang berbeda dan tidak harus cake.

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan

Seperti di Korea yang punya tradisi menyantap miyeokguk atau sup rumput laut untuk merayakan hari ulang tahun. Kemudian di China ada tradisi makan mie saat hari ulang tahun yang melambangkan panjang umur dan masih banyak lagi.

Berikut lima hidangan untuk ulang tahun di berbagai negara.

1. Mie Panjang Umur
chang shuo mian
Chang Shuo Mian Hidangan Khas China (Foto: Istimewa/net.)

China identik dengan hidangan mie nya yang lezat. Saat hari ulang tahun tiba, biasanya orang-orang China akan menyantap chang shuo mian.

Hidangan yang satu ini berisi mie dengan kuah kaldu ayam, tambahan telur rebus dan sayuran sederhana. Mie menjadi lambang harapan untuk panjang umur dan setiap keluarga memiliki resep andalan masing-masing.

Baca juga: 6 Makanan Khas Pangandaran, Hidangan Laut Jadi Primadona

Dengan menyantap mie di hari ulang tahun, muncul harapan panjang umur serta kebahagiaan. Biasanya mie panjang umur ini dimakan bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya.

2. Puding Nasi
arroz con leche
Arroz Con Leche Hidangan Khas Meksiko (Foto: Istimewa/net.)

Jika di negara barat biasanya perayaan birthday diisi dengan aneka cake atau muffin cantik. Berbeda dengan Meksiko yang punya hidangan utama puding nasi yang sangat enak.

Puding nasi ini dikenal dengan arroz con leche, teksturnya lembut dengan rasa creamy enak dari susu yang berpadu dengan tambahan buah segar seperti strawberry.

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan Khas Majalengka yang Patut Kalian Coba

Arroz con leche menggunakan beras yang dimasak hingga lembut dan teksturnya seperti bubur. Kemudian disajikan ketika hangat. Puding ini selalu ada di setiap pesta ulang tahun anak-anak di Meksiko hingga Kolombia.

3. Sup Rumput Laut
Hidangan ulang tahun
Miyeokguk Hidangan Khas Korea (Foto: Istimewa/net.)

Miyeokguk merupakan hidangan wajib yang harus ada saat perayaan ulang tahun di Korea. Tradisi menyantap sup rumput laut di hari ulang tahun sebenarnya sudah eksis sejak dulu dan biasanya disajikan saat sarapan.

Dalam budaya Korea, sup rumput laut ini dijadikan sebagai pengingat hari sang ibu melahirkan seorang anak. Karena hampir setiap ibu yang tengah hamil selalu menyantap sup rumput laut setelah melahirkan.

Baca juga: 5 Makanan Khas Sunda yang Memiliki Rasa Otentik dan Lezat

Sehingga dengan makan rumput laut di hari ulang tahun, merupakan bentuk penghormatan dan kasih sayang kepada ibu kita. Apalagi rumput laut mengandung banyak manfaat seperti membantu mengembalikan darah yang hilang saat proses melahirkan dan lainnya.

4. Fairy Bread
Fairy Bread Hidangan Khas Australia
Fairy Bread Hidangan Khas Australia (Foto: Istimewa/net.)

Fairy bread merupakan roti yang biasanya disajikan saat perayaan ulang tahun di Australia. Sekilas tampilan roti ini cukup sederhana dengan selain krim dan tambahan sprinkles penuh warna.

Kombinasi dari roti dengan mentega dan tambahan topping lainnya membuat hidangan ini disukai anak-anak.

Baca juga: 4 Rekomendasi Makanan Khas Sumedang, Cocok untuk Vegetarian

Tak heran roti selai ini selalu hadir di setiap pesta perayaan ulang tahun anak-anak di sana.

5. Oto
Ulang tahun
Oto Hidangan Khas Ghana (Foto: Istimewa/net.)

Beralih ke Afrika Barat tepatnya di Ghana ada hidangan spesial yang jadi menu wajib di dalam perayaan ulang tahun. Hidangan ini dikenal dengan nama Oto yang punya rasa pedas dan enak.

Oto merupakan hidangan yang terbuat dari ubi khas Ghana yang dihaluskan, mirip seperti kentang tumbuk. Kemudian disajikan dengan telur yang digoreng menggunakan minyak dan bawang.

Hidangan ini dimasak dalam panci besar dan biasanya disajikan untuk menu sarapan saat ulang tahun dan disantap secara bersama-sama.