Beranda Headline Rekomendasi Makanan Sehat untuk Anak yang Alami Stunting

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Anak yang Alami Stunting

Rekomendasi makanan anak stunting
Ilustrasi rekomendasi makanan sehat bagi anak pengidap stunting. Dok. Istimewa

TVBERITA.CO.ID – Anak stunting memerlukan asupan makanan yang kaya akan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Dengan memperhatikan kebutuhan nutrisi khusus ini, kita dapat menciptakan hidangan yang lezat dan sehat untuk membantu anak-anak stunting mencapai potensi mereka yang penuh.

Berikut beberapa rekomendasi makanan sehat untuk anak yang mengalami stunting:

1. Oatmeal dengan Buah Segar

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik dan mudah dicerna, serta kaya akan serat. Tambahkan potongan buah segar seperti pisang, apel, atau stroberi untuk memberikan rasa manis alami dan tambahan vitamin serta antioksidan.

Baca juga: Dinilai Berhasil Turunkan Stunting, Kemendagri Puji Pemkab Karawang

2. Telur Rebus dan Sayuran Panggang

Telur merupakan sumber protein tinggi yang penting untuk pertumbuhan otot dan jaringan. Sajikan telur rebus dengan sayuran panggang seperti wortel, kentang, dan brokoli untuk tambahan serat dan nutrisi.

3. Smoothie Protein Berbasis Kacang

Campurkan kacang-kacangan seperti almond atau kacang tanah dengan pisang, yogurt (rendah lemak), dan sedikit madu untuk membuat smoothie protein yang lezat dan bergizi. Protein membantu mempercepat proses pemulihan dan pertumbuhan anak.

4. Bubur Beras Merah dengan Sayuran

Bubur beras merah merupakan sumber karbohidrat yang baik dan kaya akan serat. Tambahkan sayuran seperti bayam atau wortel yang telah dihaluskan untuk meningkatkan kandungan nutrisinya.

Baca juga: Dampak Serius Konsumsi Junk Food Secara Berlebihan, Simak Penjelasan Berikut

5. Sandwich Gandum Utuh dengan Daging Ayam atau Tuna

Roti gandum utuh adalah sumber serat yang baik dan lebih sehat dibandingkan roti putih lho. Cobalah isi sandwich dengan potongan daging ayam rebus atau tuna untuk tambahan protein dan zat besi yang penting untuk perkembangan otak.