Beranda Karawang Sosok Aulia Nisa, Remaja Cantik dari Karawang yang Punya Produk UMKM Sejak...

Sosok Aulia Nisa, Remaja Cantik dari Karawang yang Punya Produk UMKM Sejak Belia

Remaja cantik umkm karawang
Aulia Nisa Wibowo (20), remaja cantik asal Karawang, Jawa Barat bertekad menjadi pelaku UMKM sukses.

KARAWANG – Aulia Nisa Wibowo (20), remaja cantik asal Karawang, Jawa Barat bertekad menjadi pelaku UMKM sukses. Meski usianya sangat belia, ia telah berhasil membuat sebuah produk unik bernama es lumut strawberry.

Kepada tvberita.co.id pada Selasa (28/5), Aulia bercerita bahwa dirinya telah terjun di dunia bisnis UMKM sejak umur 17 tahun. Saat itu ia masih bersekolah di SMK Negeri 2 Karawang, jurusan tata boga.

Lahir dari keluarga pelaku UMKM

“Inspirasi saya mengikuti UMKM karena ibu saya yang sudah mengikuti UMKM, dan banyak sekali ilmu-ilmu yang didapat, jadi saya berharap akan lebih banyak lagi ilmu untuk bangun usaha. Saat itu saya masih duduk di kelas 12 SMK semester 1,” tuturnya.

Baca juga: 3 Buah Ini Cocok Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, GERD Dijamin Aman

Ia memaparkan, saat ini ibunya telah memiliki brand usaha bernama Snack Bu Iyam yang menjual berbagai makanan seperti kue hantaran, snack box, kue ulang tahun dan kue basah lainnya.

Aulia sendiri membantu bagian pengolahan admin dan perpackingan. Meskipun masih sekolah, dari situ ia bisa meraup uang jajan tambahan sebesar Rp500ribu setiap bulannya.

Disela-sela membantu sang ibu, Aulia berinisiatif untuk membuat produk mandiri miliknya. Lalu terciptalah es lumut strawberry di akhir tahun 2023.

Remaja cantik umkm karawang
Es lumut strawberry, produk UMKM milik Aulia Nisa.

“Terbuat dari susu evaporasi dengan susu kental manis, lalu ditambah dengan jelly strawberry. Rasanya manis creamy. Untuk ide, saat itu saya mencoba produk namanya buko pandan, lalu saya berpikir sepertinya lebih bagus kalau menciptakan varian baru,” ujarnya.

Baca juga: Usai Dipanggil Jokowi ke Istana, Nadiem Umumkan UKT Batal Naik Tahun Ini

Es lumut strawberry ini ia jual seharga Rp10.000 saja, dan perharinya bisa terproduksi sebanyak 15 botol.

Omzet jutaan

Jika dikalkulasi, dari produk miliknya Aulia bisa meraup keuntungan sebesar Rp150.000 perhari atau kurang lebih Rp 4.500.000 dalam sebulan.

“Rencana kedepan ingin menambah varian baru, karena kita akan memasuki musim kemarau pastinya ingin menambah produk yang lain yang bisa dinikmati semua kalangan,” katanya.

Baca juga: Derita Petani Karawang Hadapi Ratusan Hektare Sawah Gagal Panen Sejak Tahun 2023

Selain rajin dan kreatif, ternyata sejak sekolah Aulia pernah mendapatkan prestasi karena berhasil menjadi siswa terpilih dalam membuat hidangan di restauran sekolah.

Tentunya ia berharap, semangat berbisnis yang ia miliki bisa menular kepada remaja-remaja Karawang lainnya. “Dulu di SMK Negeri 2 Karawang ada pembukaan restoran dan di datangi oleh Bupati, pada saat itu saya bantu untuk membuat hidangannya,” ungkap dia.

“Untuk remaja Karawang jangan pernah ragu untuk berbisnis, jangan takut melakukan hal baru. Selagi umur masih muda, lakukan banyak hal dalam kebaikan dan cari pengalaman sebanyak-banyaknya,” pungkas Aulia. (*)