Beranda Hiburan 5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Ciamis, Tetap Konsisten di Era Modern

5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Ciamis, Tetap Konsisten di Era Modern

Kuliner ciamis
Rekomendasi Kuliner Legendaris Ciamis

TVBERITA.CO.ID – Bukan hanya kental dengan budaya dan kebersihan lingkungannya, ternyata Kabupaten Ciamis miliki berbagai kuliner yang mengunggah selera.

Bagi warga yang dari luar kota, kerap kali singgah di Kabupaten Ciamis jika sedang dalam perjalanan menuju Pangandaran ataupun Jawa Tengah.

Bagi warga Ciamis maupun orang dari luar daerah yang ingin mencoba mencicipi berbagai kuliner di Kabupaten Ciamis, kami akan rekomendasikan beberapa kuliner yang wajib anda coba.

Baca juga: 5 Rekomendasi Street Food Legendaris Khas Bogor

1. Sate dan Gule H. Etom
Kuliner khas ciamis
Sate dan Gule H. Etom (Foto: Istimewa/net.)

Sate yang satu ini bukan sate biasa, mau tau?Sate dan Gule H. Etom ini sudah disajikan dan di jual sejak tahun 1965-an di Ciamis.

Kuliner ketiga ini sudah berumur sekitar 58 tahun, namun kelezatan hidangannya tak pernah redup. Bahkan hampir seluruh warga ciamis pernah mencicipi kuliner ini.

Baca juga: 6 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Karawang yang Patut Kalian Bawa Pulang

Saat ini, Sate dan Gule H. Etom dipegang oleh generasi ketiga H. Etom, dan berlokasi di Jl. Pemuda No.45, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, beroprasi dari pukul 09.00 – 21.00 WIB.

2. Sop Kambing dan Sapi Mang Benge
Sop kambing
Sop Kambing dan Sapi Mang Benge (Foto: Istimewa/net.)

Selepas hujan ataupun di malam yang terang, biasanya butuh asupan makanan yang hangat. Semangkuk sop kambing berkuah hangat dan nasi putih bisa jadi pilihan menu makan malam nikmat.

Sop kambing mang benge memang sudah terkenal kelezatannya. Daging kambing yang empuk dan tak berbau prengus ini paling enak disantap hangat-hangat dengan paduan nasi pulen.

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan Khas Majalengka yang Patut Kalian Coba

Sop kambing yang enak tentu saja yang kuahnya hangat sedap berempah. Irisan daging yang empuk juicy juga biasa disertakan dengan tulangan kaki kambing berisi sumsum lembut.

Alamat : Jl. Tentara Pelajar No.RT.002, Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

3. Kupat Tahu Ocih
Kupat tahu tahu
Kupat Tahu Oleh (Istimewa/net.)

Kuliner legendaris kupat tahu di Kabupaten Ciamis ini, sudah ada sejak tahun 1970an, bahkan sekarang sudah dikelola oleh generasi ketiga dari keluarga Pak Ocih.

Yang menjadi perbedaan dengan yang lain, kupat tahu ocih yang legendaris ini dibuat dengan proses tradisional, dimasak menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kuliner Khas Tasikmalaya Wajib Kalian Santap, Rasanya Dijamin Mantap

Dengan citarasa yang khas, kupat tahu ocih kerap kali diburu para pelanggan dari kota-kota besar yang sedang berkunjung di Kabupaten Ciamis.

Berlokasi di Jl Wr. Supratman, Ciamis, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kupat Tahu Ocih menawarkan menu dengan harga terjangkau.

4. Bakso H. Oding
Kuliner khas kuliner
Bakso H. Oding (Foto: Istimewa/net.)

Salah satu bakso favorit dan legendaris di Ciamis adalah Bakso H. Oding.

Bakso ini memiliki sajian yang agak berbeda, biasanya khas Bakso H Oding ditambahkan mie golosor dan bahkan ada beberapa menu bakso pilihan lain.

Kuliner yang sudah ada sejak tahun 1955 ini berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 147 Ciamis dan sudah memiliki cabang yang bisa di kunjungi, salah satunya ada di Jl. Ciamis – Banjar No.110, Kertasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Baca juga: 4 Rekomendasi Street Food Purwakarta, Harga Gak Bikin Tekor

Walaupun usia Bakso H Oding sudah sekitar 67 tahunan atau sangat legendaris, namun mi bakso satu ini menjadi pilihan pertama bagi para pencinta bakso Kabupaten Ciamis.

5. Bubur Pusaka
Kuliner khas ciamis
Bubur Pusaka (Foto: Istimewa/net.)

Bubur Pusaka adalah salah satu tempat legendaris di Ciamis. Bubur kacang ijo yang legendaris ini juga sangat digemari oleh warga Ciamis dan porsinya tidak terlalu besar namun pas untuk sarapan atau makan malam.

Baca juga: 5 Rekomendasi Es Krim Enak di Bekasi, Rasanya Juara!

Bubur pusaka ini berlokasi di Jl. Rumah Sakit No.45, Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Itulah rekomendasi kuliner legendaris Ciamis yang menggugah selera dan patut kalian coba. (*)