Beranda Hiburan 6 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Karawang yang Patut Kalian Bawa Pulang

6 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Karawang yang Patut Kalian Bawa Pulang

Rekomendasi Oleh-oleh karawang
Rekomendasi Oleh-oleh Karawang (Foto: Istimewa/net.)

TVBERITA.CO.ID – Setelah puas menjelajah berbagai tempat wisata di Karawang, tidak ada salahnya kalian mampir ke toko oleh-oleh khas yang ada. Sebab di tempat ini kalian bisa menemukan banyak barang menarik untuk jadi buah tangan.

Mulai dari makanan, camilan, semua ada dan dijual dengan harga murah. Berikut ini 6 rekomendasi oleh-oleh khas Karawang terkenal yang wajib kalian beli.

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan Khas Majalengka yang Patut Kalian Coba

1. Sorabi Hijau
Sorabi hijau
Sorabi Hijau (Foto: Istimewa/net.)

Saat ke Karawang khususnya ke daerah Rengasdengklok, kalian wajib mencoba sorabi hijau. Sorabi hijau ini berbeda dengan surabi Bandung atau serabi Notosuman karena aroma serta warnanya.

Warna hijau sorabi ini berasal dari daun pandan serta santan kelapa yang membuat wanginya lebih khas. Sorabi ini cocok kalin nikmati bersama kuah gula aren selagi hangat.

Salah satu tempat terkenal untuk mencoba serabi hijau ini adalah warung Raja Sorabi Hijau di Jl. Kalijaya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kuliner Kaki Lima Paling Hits di Depok

2. Kerupuk Bontot
Kerupuk bontot
Kerupuk Bontot (Foto: Istimewa/net.)

Karawang punya kerupuk unik bernama kerupuk bontot yang terbuat dari dari udang. Saat keadaan mentah atau setengah matang, kerupuk ini terlihat seperti adonan pempek yang sedikit kenyal.

Kerupuk bontot biasanya menjadi camilan saat santai bersama sambal. Tekstur yang sedikit tebal serta rasanya yang gurih berkat bumbu rempah terasa sangat lezat.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kuliner Khas Tasikmalaya Wajib Kalian Santap, Rasanya Dijamin Mantap

3. Rengginang Ketan
Oleh-oleh
Rengginang Ketan (Foto: Istimewa/net.)

Tidak kalah dari rengginang lorjuk oleh-oleh khas Madura, rengginang karawang ini juga nikmat. Rasanya gurih karena terbuat dari beras ketan merah atau beras ketan putih.

Warnanya pun lebih menarik karena mengikuti jenis ketan yang jadi bahan utamanya serta variasi rasanya. Anda bisa dapatkan rengginang ketan yang masih mentah atau sudah matang di pusat oleh-oleh terdekat.

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan Khas Cirebon yang Sering Diburu Pelancong

4. Gonjing
Rekomendasi oleh-oleh
Gonjing (Foto: Istimewa/net.)

Satu lagi jajanan tradisional Jawa Barat yang wajib Anda coba di Karawang yakni Gonjing. Sekilas kue ini mirip dengan pukis, bandros, atau kue pancong makanan khas Betawi namun dengan ciri khas tersendiri.

Kue Gonjing biasanya masih menyatu antara satu dengan yang lain saat keluar dari cetakan. Rasanya pun lebih manis gurih karena menggunakan parutan kelapa asli serta santan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan Khas Kuningan yang Wajib Dicicipi

5. Jojongkong
Oleh-oleh karawang
Jojongkong (Foto: Istimewa/net.)

Satu lagi makanan khas Karawang yang berbentuk seperti bubur sumsum yang bisa Anda coba yaitu jojongkong. Makanan yang terbuat dari tepung kanji, tepung beras dan tepung ketan ini terasa gurih manis.

Rasa tersebut berasal dari gula aren serta santan dan juga daun pandan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Es Krim Enak di Bekasi, Rasanya Juara!

6. Kue Semprong
Oleh-oleh karawang
Kue Semprong (Foto: Istimewa/net.)

Egg roll atau kue semprong juga bisa jadi pilihan buah tangan Anda saat berkunjung ke Karawang. Rasa yang manis, tekstur yang renyah dengan aroma khas kayu manisnya jadi alasan semprong jadi favorit.

Anda bisa dengan mudah menemukan kue semprong di berbagai sentra oleh-oleh di Karawang.

Baca juga: Kampung Daun, Konsep Wisata Kuliner yang Menyatu dengan Alam

Itulah rekomendasi oleh-oleh Karawang yang patut kalian coba, tidak hanya cocok untuk jadi buah tangan tapi punya khas cita rasa yang otentik. (*)