Beranda Sports 90 Persen Gunakan Robotik, Pabrik Suzuki Cikarang Utamakan Akurasi

90 Persen Gunakan Robotik, Pabrik Suzuki Cikarang Utamakan Akurasi

BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Suzuki Indonesia memiliki pabrik perakitan yang berlokasi di Cikarang, Bekasi.

Pabrik yang berada di bawah bendera PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) ini berdiri di atas lahan seluas 130,7 hektare. Lokasinya persis di seberang pabrik Wuling Motors.

General Manager Strategic Planning Departement PT Suzuki Indomobil Motor, Uchiki Ryohei, mengatakan bahwa pabrik Suzuki di Indonesia merupakan yang terbaru di antara pabrik-pabrik Suzuki global.

“Karena itu, pabrik Suzuki di Cikarang dilengkapi dengan teknologi canggih, lebih canggih dibanding pabrik Suzuki di Jepang,” kata Uchiki di pabrik Suzuki di Cikarang, Bekasi.

Menurut Uchiki, dalam 10 tahun terkahir, Suzuki mendirikan tiga pabrik yakni Sagara Plant di Jepang (2008), Thai Suzuki Motor Plant, Thailand (2012), dan Suzuki Cikarang Plant, Indonesia (2015).

Assistant to Dept Body Assambly PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Yudonendito mengatakan bahwa 90 persen operasional pabrik Suzuki di Cikarang menggunakan teknologi robotik canggih.

“Penggunaan robotik canggih itu dimaksudkan untuk meningkatkan akurasi atau presisi dalam setiap pekerjaan,” ujarnya.

Saat ini, total sebanyak 217 robot diberdayakan pada proses pengelasan (welding). Pabrik ini juga memiliki fasilitas pencetakan logam atau forging (untuk komponen transmisi) dan seat (jok mobil).

Pabrik Cikarang didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk kendaraan roda empat bagi pasar otomotif nasional maupun ekspor.

Meski menggunakan teknologi robotik canggih, pabrik Suzuki di Cikarang menyerap 1.290 tenaga kerja. Pabrik ini dibagi dalam dua bangunan dengan dua proses produksi yakni powertrain production dan assembly production.

Powertrain production memiliki luas bangunan 35.200 meter per segi dengan jumlah karyawan 570 orang.

Bagian ini bertanggung jawab terhadap produksi mesin (casting, machining, assembling), dan transmisi (casting, forging, machining, dan assembling).

Sedangkan assembly production berada di gedung dengan luas bangunan mencapai 71.050 meter per segi.

Bagian ini mempekerjakan 720 orang. Aktivitas di bagian ini meliputi pressing, welding, painting body, resin, seat, assembling, dan final inspection.

Pabrik Suzuki Cikarang saat ini memiliki kapasitas produksi sebanyak 120 ribu per tahun untuk perakitan mobil, 71 ribu unit per tahun (mesin) dan 176 ribu unit per tahun (transmisi).

Saat ini pabrik Suzuki Cikarang digunakan untuk memproduksi mobil New Suzuki Ertiga seluruh tipe untuk pasar domestik dan mesin New Ertiga (K14B berkapasitas 1.400cc), dan Karimun Wagon R (K10B berkapasitas 1.000cc), serta transmisi kendaraan roda empat.

“Pabrik ini di masa mendatang juga akan memproduksi mobil-mobil baru Suzuki,” ujarnya.

Pabrik ini juga dilengkapi dengan fasilitas high way test track untuk menguji produk mobil yang telah keluar dari proses final inspection.

Dari pabrik di Cikarang, Suzuki Indonesia telah mengekspor 12.196 unit minibus New Ertiga ke 25 negara di Asia, Oseania, Amerika Selatan, dan Karibia dalam bentuk utuh (Complitely Build Up/ CBU).

Mesin dan transmisi buatan pabrik ini juga diekspor ke Thailand, Pakistan, Malaysia dan India. (kb/fzy)