Beranda Internasional Teknologi AI Berkembang Pesat, 6 Profesi Ini Terancam Hilang?

Teknologi AI Berkembang Pesat, 6 Profesi Ini Terancam Hilang?

Teknologi AI berkembang pesat
Teknologi AI berkembang pesat, 6 profesi ini terancam hilang.

TVBERITA.CO.ID – Pesatnya perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) disebut bakal menggantikan sejumlah profesi yang digeluti manusia.

Ketakutan itu didasari hadirnya ChatGPT. Chatbot asal OpenAI itu menyuguhkan layanan dalam format jawaban dan bisa berbentuk esai, artikel, puisi hingga lelucon.

Bahkan, ChatGPT kini memiliki 100 juta pengguna meski baru diluncurkan November lalu.

Teknologi AI sebenarnya bisa digunakan dalam bentuk apapun. Bukan hanya berbentuk tulisan namun juga bisa membuat sistem jadwal hingga mengirimkan pesan atau barang.

Baca juga: HPN 2023: Presiden Jokowi Sebut Dunia Pers Sedang Tidak Baik-baik Saja

Hal inilah yang membuat khawatir banyak orang karena bisa menggantikan pekerjaan banyak orang. Lalu pekerjaan apa saja yang bisa diganti dengan AI? Berikut daftarnya, dikutip dari laman CNBC Indonesia, Jumat (10/2/2023).

6 profesi yang terancam digantikan kecerdasan buatan: 

1. Karyawan Front Desk

Pekerjaan ini bisa digantikan dengan AI karena telepon bisa dijadwalkan di kantor. Alibaba Cloud mencatat AI telah menggantikan 96% dari profesi front desk.

2. Editor dan Proofreader

Dengan keberadaan AI, posisi mereka yang mengedit tulisan akan semakin terancam. Sudah tersedia banyak aplikasi pengeditan untuk memeriksa tanda baca dan tata bahasa.

Bahkan program software saat ini sudah bisa mendeteksi seperti pelanggaran hak cipta dan struktur kalimat yang salah.

3. Telemarketing

Robot AI telah melakukan 99% pekerjaan telemarketing. Sebuah penelitian juga meramalkan pertumbuhan pada profesi akan melambat 3% di tahun depan.

AI bisa dengan mudah menggantikan peranan itu, sebab telemarketer yang sukses tidak butuh kecerdasan emosional.

4. Kurir

Tidak usah kaget jika di masa depan akan ada pengiriman melalui robot. Teknologi itu dan juga drone sudah mulai menghapus bidang ini.

Dengan teknologi yang ditanamkan sebenarnya bisa lebih baik bagi masyarakat. Karena kita dapat mengharapkan otomatisasi bisa mendominasi dalam waktu dekat.

5. Sopir

Saat ini beberapa perusahaan telah memperkenalkan mobil semi-otonom di pasaran. Harapannya masyarakat bisa juga melihat kendaraan yang sepenuhnya otonom di masa depan.

6. Akuntansi

Saat ini tugas pembukuan sudah diotomasi dari hasil program software. Cara tersebut dinilai bisa mengurangi biaya dalam pembukuan. (*)